BENARKAH WARAQAH BIN NAUFAL SEORANG DUKUN??? INI PERNYATAAN PARA TOKOH MUSLIM

Pengajian Ke 146

ุจู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…,ูˆุจู‡ ู†ุณุชุนูŠู† ุงู„ุญู…ุฏู„ู„ู‡ ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ 
ุนู„ู‰ ุณูŠุฏู†ุงู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ู‡ ุฃุฌู…ุนูŠู† 


Deskripsi

Waraqah bin Naufal seorang dukun atau kahin (ูƒุงู‡ู†) dalam bahasa Arabnya ;  merupakan "pendapat pribadi Gus Muwafiq" dalam salah satu ceramahnya  hanya beliau seorang yang  mempunyai pendapat seperti  itu.

Sedangkan selain Gus muwafiq belum atau bahkan tidak ditemukan 1 tokoh pun yang menisbatkan atau mengkaitkan waraqah bin Naufal dengan kata dukun,pemirsa boleh memperhatikan penuturan-penuturan dan pendapat-pendapat para ulama serta para ahli sejarah yang ada di kitab-kitab maupun tersebar di internet.


Penjelasan

Adapun Nisbah (kaitan) yang kita dapatkan dalam kitab-kitab maupun situs-situs di internet sebagai berikut ;

1. Waraqah bin Naufal seorang Yahudi
2.Waraqah bin Naufal seorang Nasrani
3.Waraqah bin Naufal seorang Kristen
4.Waraqah bin Naufal seorang Ahli Kitab
5.Waraqah bin Naufal seorang Pendeta
6.Waraqah bin Naufal seorang Ahli kitab Tauroh  dan Injil
7.Waraqah bin Naufal seorang Ahli sejarah ( Muaarikh )
8.Waraqah bin Naufal seorang penganut Agama Ibrahim
9.Waraqah bin Naufal seorang Muslim (pada akhirnya)
10.Waraqah bin Naufal seorang Yang anti berhala
11.Dsb.....

Tidak ditemukan kata "dukun atau kahin pada pribadi waraqah bin Naufal selain pernyataan dari Gus muwafiq.

Di bawah ini saya akan menyertakan pendapat tokoh NU yang memberikan penjelasan tentang riwayat-riwayat atau situs mengenai sosok waraqah bin Naufal sebagai berikut :


Kesatu

ูˆูƒุงู†ุช ููŠู‡ู… ุงู„ู…ู„ุฉ ุงู„ุญู†ูŠููŠุฉ ุงู„ุฅุณู„ุงู…ูŠุฉุŒ ูˆุงู„ุดุฑูŠุนุฉ ุงู„ุฅุจุฑุงู‡ูŠู…ูŠุฉุŒ ูˆู…ู† ุฃู‡ู„ู‡ุง ูƒุงู† ู‚ุณ ุจู† ุณุงุนุฏุฉ ุงู„ุฅูŠุงุฏูŠุŒ ูˆุฑู‚ุฉ ุจู† ู†ูˆูู„ ุงู„ุฃุณุฏูŠุŒ ูˆุฒูŠุฏ ุจู† ุนู…ุฑูˆ ู…ู† ุจู†ูŠ ุนุฏูŠุŒ ูˆู‚ุชู„ุชู‡ ุงู„ุฑูˆู… ู„ุฐู„ูƒ โ€œ(ู†ูˆุงุฏุฑ ู…ุญุทูˆุทุฉ )
Di dalamnya terdapat (pencari/penganut) agama lurus yang islamiyyah dan syariat Nabi Ibrahim, sebagian dari mereka adalah Quss bin Sรขโ€™idah al-Iyรขdรฎ (w. 23 SH), Waraqah bin Naufal al-Asadรฎ, Zaid bin โ€˜Amr dari Bani โ€˜Adi yang terbunuh oleh orang Romawi karena melakukan pencarian.โ€

(Syekh Abdussalam Muhammad Harun, Nawรขdir al-Mahthรปthรขt, Kairo: Mathbaโ€™ah Musthafa al-Babi al-Halabi, 1973, juz 1, h. 327)

kedua 

Ia ( waraqah bin Naufal) menentang penyembahan berhala yang dilakukan masyarakatnya,salah satu riwayat yang menunjukkan keyakinannya adalah perkataannya terhadap teman-temannya:

ุฃุชุนู„ู…ูˆู† ูˆุงู„ู„ู‡ ู…ุง ู‚ูˆู…ูƒู… ุนู„ู‰ ุฏูŠู†ุŒ 
ูˆู„ู‚ุฏ ุฃุฎุทุฃูˆุง ุงู„ุญุฌุฉุŒ ูˆุชุฑูƒูˆุง ุฏูŠู† ุฅุจุฑุงู‡ูŠู… โ€œ
Apakah kalian mengetahui, demi Allah kaum kalian tidak berada dalam agama (yang benar). Cara pandang mereka salah. Mereka telah meninggalkan agama Ibrahim.โ€

(Imam Ibnu โ€˜Asakir, Tarรฎkh Madรฎnah Dimasyq, Beirut: Darul Fikr, 1995, juz 3, h. 424)

ketiga  :
Imam Ibnu Ishaq berkata:

ูƒุงู† ู†ุตุฑุงู†ูŠุง ู‚ุฏ ุชุชุจู‘ุน ุงู„ูƒุชุจ
โ€œkรขna nashrรขniyyan qad tatabbaโ€™a al-kutubโ€”Ia seorang Nasrani yang benar-benar mengikuti kitab-kitab.โ€

(Imam Abu al-Qasim al-Suhaili, al-Raudl al-Unuf Syarh al-Sรฎrah al-Nabawiyyah lรฎ Ibn Hisyรขm, Kairo: Darul Hadits, 2008, juz 1, h. 361-364).

keempat:
Dari berbagai riwayat, Waraqah bin Naufal adalah orang yang haus dengan kebenaran. Ia berkelana ke sana-kemari mencarinya, melintasi berbagai negeri dan kota.

Dalam salah satu riwayat diceritakan:

ุฃู† ุฒูŠุฏ ุจู† ุนู…ุฑูˆ ูˆูˆุฑู‚ุฉ ุจู† ู†ูˆูู„ ุฎุฑุฌุง ูŠู„ุชู…ุณุงู† ุงู„ุฏูŠู† ุญุชูŠ ุงู†ุชู‡ูŠุง ุฅู„ูŠ ุฑุงู‡ุจ ุจุงู„ู…ูˆุตู„ ูู‚ุงู„ ู„ุฒูŠุฏ ุจู† ุนู…ุฑูˆ:
 ู…ู† ุฃูŠู† ุฃู‚ุจู„ุช ูŠุง ุตุงุญุจ ุงู„ุจุนูŠุฑุŸ ูู‚ุงู„: ู…ู† ุจู†ูŠุฉ ุฅุจุฑุงู‡ูŠู…ุŒ 
ู‚ุงู„: ูˆู…ุง ุชู„ุชู…ุณุŸ ู‚ุงู„: ุฃู„ุชู…ุณ ุงู„ุฏูŠู†ุŒ ู‚ุงู„: 
ุงุฑุฌุน ูุฅู†ูƒ ูŠูˆุดูƒ ุฃู† ูŠุธู‡ุฑ ููŠ ุฃุฑุถูƒุŒ ู‚ุงู„: 
ูุฃู…ุง ูˆุฑู‚ุฉ ูุชู†ุตู‘ุฑ
 ูˆุฃู…ุง ุฃู†ุง ูุนุฏู…ุช ุนู„ูŠ ุงู„ู†ุตุฑุงู†ูŠุฉ ูู„ู… ูŠูˆุงูู‚ู†ูŠุŒ ูุฑุฌุน
โ€œSesungguhnya Zaid bin Amr dan Waraqah bin Naufal keduanya berkelana mencari agama (yang benar) hingga keduanya sampai kepada seorang pendeta di Mosul. Pendeta itu berkata kepada Zaid bin โ€˜Amr: โ€˜Dari mana kau berasal, wahai penunggang unta?โ€™ Zaid bin โ€˜Amr menjawab: โ€˜Dari rumah Ibrahim (Kaโ€™bah/Makkah).โ€™ Pendeta itu berkata: โ€˜Apa yang sedang kau cari?โ€™ Zaid bin โ€˜Amr menjawab: โ€˜Aku sedang mencari agama (yang benar).โ€™ Pendeta itu berkata: โ€˜Kembalilah, sesungguhnya kau telah dekat dengan kemunculan (agama yang benar) di tanahmu (daerahmu).โ€™ Zaid bin Amr berkata: โ€˜Adapun Waraqah menjadi seorang Nasrani, tapi aku kehilangan (ketertarikan) terhadap agama Nasrani, karenanya Waraqah tidak sependapat denganku. Kemudian Zaid bin Amr kembali (ke Makkah).โ€

(Imam Ibnu โ€˜Asakir, Tarรฎkh Madรฎnah Dimasyq, Beirut: Darul Fikr, 1995, juz 19, h. 500)

Kelima :

Sebagai saudara sepupunya, Sayyidah Khadijah mengetahui keahlian Waraqah bin Naufal. Karena itu, ia membawa Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam kepadanya, dan menanyakan peristiwa yang dialami suaminya. Setelah diceritakan secara mendetail, Waraqah bin Naufal mengatakan:

ุฃูŽุจู’ุดูุฑู’ุŒ ุซูู…ู‘ูŽ ุฃูŽุจู’ุดูุฑู’ุŒ ููŽุฃูŽู†ูŽุง ุฃูŽุดู’ู‡ูŽุฏู ุฃูŽู†ู‘ูŽูƒูŽ ุงู„ู‘ูŽุฐููŠ ุจูŽุดู‘ูŽุฑูŽ ุจูู‡ู ุงุจู’ู†ู ู…ูŽุฑู’ูŠูŽู…ูŽุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽูƒูŽ ุนูŽู„ูŽู‰ ู…ูุซู’ู„ู ู†ูŽุงู…ููˆุณู ู…ููˆุณูŽู‰ุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽูƒูŽ ู†ูŽุจููŠู‘ูŒ ู…ูุฑู’ุณูŽู„ูŒุŒ ูˆูŽุฃูŽู†ู‘ูŽูƒูŽ ุณูŽูˆู’ููŽ ุชูุคู’ู…ูŽุฑู ุจูุงู„ู’ุฌูู‡ูŽุงุฏู ุจูŽุนู’ุฏูŽ ูŠูŽูˆู’ู…ููƒูŽ ู‡ูŽุฐูŽุงุŒ ูˆูŽู„ูŽุฆูู†ู’ ุฃูŽุฏู’ุฑูŽูƒูŽู†ููŠ ุฐูŽู„ููƒูŽ ู„ูŽุฃูุฌูŽุงู‡ูุฏูŽู†ู‘ูŽ ู…ูŽุนูŽูƒูŽ
โ€œBerbahagialah, kemudian berbahagialah. Aku bersaksi bahwa kau adalah orang yang (dijanjikan) membawa kabar gembira oleh (Isa) putra Maryam. Sesungguhnya kau (didatangi malaikat) seperti Namus (Jibril) untuk Musa. Sesungguhnya kau adalah nabi yang diutus. Sesungguhnya kau akan diperintahkan untuk berjihad setelah harimu (diangkat menjadi nabi) ini, dan andai aku masih bertemu masa itu, sungguh, aku akan berjihad bersamamu.โ€

(Imam Abu Bakr al-Baihaqi, Dalรขโ€™il al-Nubuwwah, Kairo: Dar al-Rayyan li al-Turats, 1988, juz 2, hlm 158-159)

Keenam :
Dalam riwayat lain dikatakan, pertama kali Sayyidah Khadijah menemui Waraqah adalah ketika ia mendengar cerita pembantunya, Maisarah, tentang perkataan Rahib yang melihat Muhammad dilindungi oleh dua malaikat. Dalam riwayat itu dikatakan

: ู‚ุงู„ ุฅุจู† ุฅุณุญุงู‚: ูˆูƒุงู†ุช ุฎุฏูŠุฌุฉ ุจู†ุช ุฎูˆูŠู„ุฏ ู‚ุฏ ุฐูƒุฑุชู’ ู„ูˆุฑู‚ุฉ ุจู† ู†ูˆูู„ ุจู† ุฃุณุฏ ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ุนุฒู‘ูŠโ€”ูˆูƒุงู† ุงุจู† ุนู…ู‘ู‡ุงุŒ ูˆูƒุงู† ู†ุตุฑุงู†ูŠู‘ุง ู‚ุฏ ุชุชุจู‘ุน ุงู„ูƒุชุจุŒ ูˆุนู„ู… ู…ู† ุนู„ู… ุงู„ู†ู‘ุงุณโ€”ู…ุง ุฐูƒุฑ ู„ู‡ุง ุบู„ุงู…ู‡ุง ู…ูŠุณุฑุฉ ู…ู† ู‚ูˆู„ ุงู„ุฑู‘ุงู‡ุจุŒ ูˆู…ุง ูƒุงู† ูŠุฑูŠ ู…ู†ู‡ ุฅุฐ ูƒุงู† ุงู„ู…ู„ูƒุงู† ูŠุธู„ู‘ุงู†ู‡ุŒ ูู‚ุงู„ ูˆุฑู‚ุฉ: ู„ุฆู† ูƒุงู† ู‡ุฐุง ุญู‚ุง ูŠุง ุฎุฏูŠุฌุฉุŒ ุฅู†ู‘ ู…ุญู…ู‘ุฏุง ู„ู†ุจูŠู‘ ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฃู…ุฉุŒ ูˆู‚ุฏ ุนุฑูู’ุช ุฃู†ู‡ ูƒุงุฆู† ู„ู‡ุฐู‡ ุงู„ุฃู…ุฉ ู†ุจูŠู‘ ูŠู†ุชุธุฑุŒ ู‡ุฐุง ุฒู…ุงู†ู‡
โ€œIbnu Ishaq berkata: Khadijah binti Khuwailid bercerita kepada Waraqah bin Naufal bin Asad bin Abdul โ€˜Uzzaโ€”ia adalah anak pamannya, seorang Nasrani yang bersungguh-sungguh mengikuti kitab-kitab, dan orang yang berilmu di (kalangan) manusiaโ€”apa yang diceritakan pembantunya, Maisarah, kepadanya tentang perkataan seorang pendeta, bahwa ia melihat Muhammad selalu dinaungi oleh dua malaikat. Waraqah bin Naufal berkata: โ€˜Jika (ceritamu) ini benar, wahai Khadijah, sesungguhnya Muhammad adalah nabi umat ini. Sungguh aku telah mengetahui bahwa ada nabi yang dinantikan untuk umat ini, dan inilah waktunyaโ€™.โ€

(Imam Abu al-Qasim al-Suhaili, al-Raudl al-Unuf Syarh al-Sรฎrah al-Nabawiyyah lรฎ Ibn Hisyรขm, 2008, juz 1, h. 364)

Ketujuh :
Waraqah bin Naufal diperkirakan wafat sekitar tahun 610 M, tidak lama setelah Nabi Muhammad menerima wahyu pertamanya. Soal kedudukannya di akhirat, banyak riwayat yang menunjukkan bahwa Waraqah adalah ahli surga. Berikut beberapa riwayat yang menjelaskan tentang itu

: ูู…ุงุช ูˆุฑู‚ุฉ ูู‚ุงู„ ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: ุฑุฃูŠุช ุงู„ู‚ุณ ููŠ ุงู„ุฌู†ุฉ ุนู„ูŠู‡ ุซูŠุงุจ ุฎุถุฑ
โ€œKemudian Waraqah meninggal (tak lama setelah meyakini kenabian Muhammad), maka Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam bersabda: โ€œAku melihat sang pendeta (Waraqah bin Naufal) di surga mengenakan baju hijau.โ€

(Imam Ibnu Abi Syaibah, al-Mushannaf, Beirut: Darul Qiblah lil-Tsaqafah al-Islamiyyah, 2006, juz 20, h. 233)

Kedelapan :

Imam Abu al-Qasim al-Suhaili (508-581 H) dalam al-Raudl al-Unuf menulis satu paragraf khusus membahas kedudukan Waraqah bin Naufal di akhirat. Beliau menulis:

ูˆู‡ูˆ ุฃุญุฏ ู…ู† ุขู…ู† ุจุงู„ู†ู‘ุจูŠ ู‚ุจู„ ุงู„ุจุนุซุŒ ูˆุฑูˆูŠ ุงู„ุชุฑู…ุฐูŠ ุฃู† ุฑุณูˆู„ ุงู„ู„ู‡ ู‚ุงู„: (ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชูู‡ ููŠ ุงู„ู’ู…ูŽู†ุงู… ูˆุนู„ูŠู‡ ุซููŠูŽุงุจูŒ ุจูŠุถูŒุŒ ูˆู„ูˆ ูƒุงู† ู…ูู† ุฃู‡ู„ู ุงู„ู†ู‘ุงุฑู ู„ูŽู…ู’ ูŠูŽูƒู†ู’ ุนู„ูŠู‡ ุซูŠุงุจูŒ ุจูŠุถูŒ)ุŒ ูˆู‡ูˆ ุญุฏูŠุซ ููŠ ุฅุณู†ุงุฏู‡ ุถุนููŒุŒ ู„ุฃู†ู‘ู‡ ูŠุฏููˆุฑ ุนู„ูŠ ุนุซู…ุงู† ุจู† ุนุจุฏ ุงู„ุฑุญู…ู† ูˆู„ูƒู†ู’ ูŠูู‚ูŽูˆู‘ูŠู‡ ู…ุง ูŠุฃู’ุชูŠ ุจุนุฏ ู‡ุฐุง ู…ู† ู‚ูˆู„ู‡ ุตู„ูŠ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ูŠู‡ ูˆุณู„ู…: (ุฑุฃูŠุชู ุงู„ู‚ุณู‘-ูŠุนู†ูŠ ูˆุฑู‚ุฉ-ูˆุนู„ูŠู‡ ุซูŠุงุจูŒ ุญูŽุฑููŠุฑูŒ ู„ูุฃูŽู†ู‘ูŽู‡ู ุฃูˆูŽู‘ู„ ู…ูŽู†ู’ ุขู…ู† ุจูŠ ูˆุตุฏู‘ู‚ู†ููŠ) ู€

 โ€œWaraqah adalah seseorang yang beriman kepada nabi sebelum masa diutus, al-Tirmidzi meriwayatkan bahwa Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam berkata: (Aku melihat Waraqah bin Naufal dalam mimpi, dia mengenakan baju putih. Jika dia termasuk ahli neraka, dia tidak akan mengenakan baju putih). Hadits ini lemah dalam isnadnya karena ada Utsman bin Abdurrahman, tetapi hadits tersebut dikuatkan dengan perkataan Rasulullah shallallahu โ€˜alaihi wasallam berikut ini: (Aku melihat pendetaโ€”maksudnya Waraqahโ€”dia mengenakan baju sutera, karena dia adalah orang pertama yang beriman kepadaku dan membenarkanku).โ€

(Imam Abu al-Qasim al-Suhaili, al-Raudl al-Unuf Syarh al-Sรฎrah al-Nabawiyyah lรฎ Ibn Hisyรขm, 2008, juz 1, h. 362)

Dengan dasar beberapa riwayat di atas, bisa dikatakan bahwa Waraqah bin Naufal termasuk ahli surga seperti yang dikatakan oleh Rasulullah. Salah satu alasan kenapa Waraqah termasuk ahli surga, Imam Abu al-Qasim al-Suhaili mengatakan: โ€œwa kรขna yadzkurullaha fรฎ safarihi fรฎl jรขhiliyyah wa yusabbihuhuโ€”(karena) Waraqah bin Naufal (selalu) mengingat Allah dalam (setiap) perjalanannya di masa jahiliyah dan (selalu) bertasbih kepada-Nya.โ€

Perhatikan 'ibaroh ke sembilan potongan syair Waraqah bin Naufal yang rasanya perlu ditampilkan, Sebagai bukti klaim Ibaroh Kedelapan

Kesembilan

ู„ูŽู‚ุฏู’ ู†ูŽุตูŽุญู’ุช ู„ุฃู‚ูˆุงู… ูˆู‚ู„ุช ู„ู‡ู…: ุฃู†ุง ุงู„ู†ุฐูŠุฑ ูู„ุง ูŠุบุฑูุฑู’ูƒู… ุฃุญูŽุฏูŒ, ู„ูŽุง ุชูŽุนู’ุจูุฏู†ู‘ ุฅู„ูŽู‡ู‹ุง ุบูŠุฑูŽ ุฎุงู„ูู‚ููƒู…  

โ€œSungguh telah kunasihati orang-orang, kukatakan pada mereka: aku adalah pengingat, agar kau tak mudah terbujuk orang. Jangan pernah kau sembah tuhan yang bukan penciptamu.โ€

(Imam Abu al-Qasim al-Suhaili, al-Raudl al-Unuf Syarh al-Sรฎrah al-Nabawiyyah lรฎ Ibn Hisyรขm, 2008, juz 1, h. 362)

Kesimpulan : 

Sebaiknya kita mengambil pendapat mayoritas dalam urusan sejarah ini sama halnya dengan beragama hendaklah mengikuti pendapat mayoritas walaupun bukan jaminan mengikuti Jombor itu adalah kebenaran coba perhatikan sebuah hadits yang telah diriwayatkan dari sahabat Anas bin Malik โ€“radhiallahu anhu โ€“ , Rasulullah ๏ทบ bersabda :

ุฅูู†ูŽู‘ ุฃูู…ูŽู‘ุชููŠ ู„ูŽุง ุชูŽุฌู’ุชูŽู…ูุนู ุนูŽู„ูŽู‰ ุถูŽู„ูŽุงู„ูŽุฉูุŒ ููŽุฅูุฐูŽุง ุฑูŽุฃูŽูŠู’ุชูู…ู ุงุฎู’ุชูู„ูŽุงูู‹ุง

 ููŽุนูŽู„ูŽูŠู’ูƒูู…ู’ ุจูุงู„ุณูŽู‘ูˆูŽุงุฏู ุงู„ู’ุฃูŽุนู’ุธูŽู…ู

โ€œSesungguhnya umatku tidak akan bersepakat di atas kesesatan. Maka apabila kalian melihat perselisihan, wajib atas kalian mengikuti golongan yang paling banyak (mayoritas).โ€ (HR. Ibnu Majah


Wallahu aโ€™lam...

By Ahmad Hikam Suni Al Faqir

Semua bukti ini dari 1 sampai 9 , saya nukilkan dari salah satu situs milik NU sebagai berikut ini
NAHDHATUL ULAMA

 ุงู„ู„ู‡ู… ุตู„ ูˆุณู„ู… ุนู„ู‰ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ ุจุนุฏุฏ ุญุฑูˆู ูƒู„ุงู… ุงู„ู„ู‡ุŒ ูˆุตู„ ูˆุณู„ู… ุนู„ูŠู‡ ูˆุขู„ู‡ ููŠ ุฃูˆู„ ุงู„ูƒู„ุงู… ูˆุฃูˆุณุทู‡ ูˆุขุฎุฑู‡ุŒุงู„ู„ู‡ู… ุขุชู‡ ุงู„ูˆุณูŠู„ุฉ ูˆุงู„ูุถูŠู„ุฉ ุจุฑุญู…ุชูƒ ูŠุงุฃุฑุญู… ุงู„ุฑุงุญู…ูŠู†

Komentar

Postingan Populer