SUAMI BIASANYA LEBIH DAHULU WAFAT DARI PADA ISTRI, INI SEBAB REEL , DASAR HADITS DAN SOLUSINYA

بــــــــسم الله الرحمن الرحيم. الحمد لله رب العلمين. وبه نستعين على أمور الدنيا والآخرة.صلى الله عليه وآله وسلم صلاة وسلاما دآئمين متلازمين إلى مالانهاية،أما بعد 

      Biasanya laki-laki lebih dahulu meninggal dunia daripada istrinya, dan itu yang sedang terjadi di akhir zaman ini, tapi Semoga saja kita yang membaca ini, dipanjangkan umurnya ;ditambah rezekinya ;diberi kesehatan ; dengan keberkahan sholawat kepada Rasulullah Shallallahu alaihi wasallam dan Jah beliau sendiri , Amin amin amin amin amin amin amin , ya robbal alamin , di sini saya akan menerangkan sebab dan dasarnya serta solusinya sekalian, silakan lanjut membacanya !! 

    Masalah ini sebenarnya sudah ada dasarnya di dalam kitab Ihya Ulumuddin sebuah hadits Nabi Shallallahu Alaihi Wasallam, walaupun haditsnya "Dhaif" tetapi secara kenyataan di lapangan, memang relevan, saya akan menuliskan hadits itu sebagai berikut:
يأتي على الناس زمان يكون هلاك الرجل على يد زوجته وأبويه وولده ، يعيرونه بالفقر ويكلفونه ما لا يطيق فيدخل المداخل التي يذهب فيها دينه فيهلك .

Artinya : "akan datang kepada manusia suatu zaman di mana kehancuran (atau kematian ) seorang laki-laki itu di tangan istri , kedua orang tua dan anaknya sendiri mereka akan mengecam mencelanya, karena kefakirannya dan membebankan kepadanya (yaitu laki-laki tersebut ) dengan sesuatu yang ia tidak mampu sehingga ia (membiarkan dirinya)terjun ke dalam berbagai permasalahan (demi kemaslahatan keluarganya) yang membuat Iya mengorbankan agamanya karenanyalah ia binasa"

Penjelasan Singkat
Halak di sini bisa berarti (binasa)atau "kematian yang segera", juga bisa berarti kebinasaan dirinya, karena ia memilih terjun dalam dosa; menabrak berbagai larangan- larangan syariat Islam , seperti , mencuri ,korupsi ,riba dsb.... , dan inilah yang terjadi walaupun hadisnya dhaif.
Setelah ia menabrak larangan- larangan tersebut, ia akan menemui salah satu dari 2 jalur yang akan memotong usianya  : 
1.Dihakimi masyarakat (bisa jadi menemui ajalnya di sini )
2.Masuk penjara (dalam waktu panjang)
2 jalur ini benar - benar menyita waktu seseorang yang seharusnya ia gunakan untuk hal-hal  yang berfaedah , akhirnya anda akan menyetujui, inilah yang dimaksud dengan Pendek Umur / Lebih Dulu Wafat,  na'udzubillahimindzalik 

Solusi
"Mari kita didik istri dan anak-anak kita! dengan agama dan janji-janji Allah Subhanahu Wa Ta'ala, setiap hari ,dengan cara , membacakan kepada mereka hadis-hadis Nabi Shallallahu alaihi wasallam dan ayat-ayat Alquran setiap hari, minimal 5 menit, secara rutin, sehingga dengan pembacaan Ayat dan hadits tersebut , keluarga kita akan lebih memahami janji - janji Allah Taa’la, kemudian ruh islam tercinta ini, akan masuk dan terbentuk di dalam setiap individu anggota keluarga kita, nah ketika kita suatu saat kita ditempat oleh suatu ujian dari Allah berupa kemiskinan, maka jiwa istri dan suami serta anak-anak dan keluarganya akan kuat, wallahualam"

Ahmad Hikam Suni 

Komentar

  1. Seharusnya memang suami harus mendidik anak dan istrinya. Kalau tak bisa mau ke majelis ta'lim

    BalasHapus

Posting Komentar

Silahkan Tanggapi ! Bebas Sopan.....

Postingan Populer