ASAL MUASAL HURUF - HURUF MUDHORI YANG EMPAT ( HAMZAH,YA,TA DAN NUN) DAN UNDUH KITABNYA DISINI
Kajian Ke 81
ุจููููููููุณู
ุงููู ุงูุฑุญู
ู ุงูุฑุญูู
,ูุจู ูุณุชุนูู
ุงูุญู
ุฏููู ูุตูู
ุงููู ุนูู ุณูุฏูุงู
ุญู
ุฏ ูุนูู ุขูู ุฃุฌู
ุนูู
DiskripsiSebagian para pelajar Bahasa Arab
memang ada saja sosok yang berjiwa kritis dan senang bertanya , salah satu diantara pertanyaannya adalah; dari mana asalnya huruf - huruf mudhoraah ini?
Pertanyaan ini agak aneh; hampir - hampir saya jawab " tanya aja ama Malaikat Jibril atau Iblis ๐ ๐ karena 2 makhluk itu lebih faham dari kita semua" sembari tersenyum sendiri...
Namun begitu ternyata ada juga ulama yang memberikan jawabannya secara ilmiah ; silahkan pemirsa bisa baca disiniโฌ
Pembahasan
Huruf-huruf mudharik itu ada empat yaitu Hamzah,Nun, Ya' dan Ta (disingkat dengan Istilah ANITA ๐ค) yang selalu muncul di awal fi'il mudhor'i.
Penambahan huruf yang 4 tersebut di awal setiap fi'il mudhori itu merupakan keharusan dan merupakan bagian dari definisi fi'il mudhori itu sendiri, berkata Imam zamakhsyari di dalam definisinya huruf hamzah,Nun,Ya dan Ta selalu menyertai fi'il mudhori diawal kata dalam setiap kata dengan bentuk Fiil Mudhari.
Menurut hemat saya jika salah satu huruf mudhorik tidak muncul dalam dalam suatu kata kerja atau fi'il maka kata itu tidaklah dikatakan fi'il mudhorik,coba perhatikan definisi fi'il mudhori dalam kitab kitab Nahwu yang ringan.
Oleh sebab itu pada istilah mukhotob dan Ghoibah dengan mengambil contohnya : ุชูุนู sedangkan untuk istilah Ghaib dengan contohnya: ููุนู dan untuk istilah mutakallim Wahdah dengan contohnya : ุฃูุนู sedangkan jamak dengan contohnya : ููุนูุhuruf-huruf inilah yang dinamakan huruf tambahan atau zaidah, di dalam huruf tersebut terdapat unsur makna yang mengandung keterangan waktu atau masa yaitu sedang akan dan telah.
[Mukhotob = seorang laki yang diajak berbicara]
[Ghoibah = seorang wanita yang dibicarakan oleh pihak berdialog]
[ Ghoib = seorang lelaki yang dibicarakan oleh pihak berdialog]
Jika kamu bertanya mengenai asal huruf-huruf tersebut maka Syekh As suhaili di dalam Kitab nya bernama Nataijul Fikri beliau mengatakan : Walaupun bersatatus sebagai huruf tambahan di awal dari setiap kata pada fi'il mudhori huruf-huruf ziyadah (tambahan)itu memberitahukan sebagai tanda sebagai bentuk fiil mudhorik.
Fiil-fiil tersebut yakni fi'il mudhori hanya bermakna jika sebelum fi'il itu terdapat(salah satu dari) huruf yang empat dan di dalam fi'il tersebut mengandung pengertian massa, maka huruf-huruf tambahan itu bagi fi'il mudhorik dapat memberi isyarat di dalam ucapan lisan terhadap adanya (unsur )waktu , yang selaras dalam hati dalam Sanubari pada saat menjelaskan suatu hal.
Kalau kamu tanya lagi Mengapa huruf-huruf 4 ini yang terpakai ( dalam mengawali bentuk kata fiil mudhorik) ;mengapa bukan huruf hijaiyah yang lainnya ?, beliau menjawab begini : "asal muasal huruf yang 4 ialah huruf Ya(ู) karena memang kondisi kehadiran huruf Ya ini tidak membutuhkan perbedaan antara Muzakkar dan muannas yaitu adalah kata kerja untuk jamak bagi wanita.
Alasan yang lain ada yang menyebutkan bahwa tambahan huruf-huruf ini berasal dari huruf-huruf mad dan huruf layyin yaitu (Alif , Ya dan wawu ) sedangkan wawu tidak ditambahkan sebagai huruf mudhoraah yang empat tersebut karena tujuannya agar tidak menyerupai huruf wawu athaf dan alasan yang lain terdapat di dalam kitab yang lain .
Menurut penulis : Maka tidak dikatakan (ููุนู)tapi dengan huruf Ya menjadi (ููุนู).
Ini ibrohnya :
ุญุฑูู ุงูู
ุถุงุฑุนุฉ ูู ุงููู
ุฒุฉ ูุงูููู ูุงูุชุงุก ูุงููุงุก ุงูุชู ุชููู ูู ุตุฏุฑ ุงููุนู ุงูู
ุถุงุฑุนุ ูุฒูุงุฏุชูุง ูู ุฃููู ูุงุฒู
ุฉุ ุจู ูู ุฌุฒุก ู
ู ุชุนุฑููู. ูุงู ุงูุฒูู
ุฎุดุฑู ูู ุชุนุฑููู: "ููู ู
ุง ูุนูุจ ูู ุตุฏุฑู ุงููู
ุฒุฉ ูุงููููู ูุงูุชูุงุก ูุงููุงุก. ูุฐูู ูู ูููู ููู
ุฎุงุทุจ ุฃู ุงูุบุงุฆุจุฉ: ุชูุนู. ูููุบุงุฆุจ: ููุนู. ูููู
ุชูููู
: ุฃูุนู. ููู ุฅุฐุง ูุงู ู
ุนู ุบูุฑู ูุงุญุฏูุง ุฃู ุฌู
ุงุนุฉ: ููุนู. ูุชุณู
ูู ุงูุฒููุงุฆุฏ ุงูุฃุฑุจุนุ ููุดุชุฑู ููู ุงูุญุงุถุฑ ูุงูู
ุณุชูุจู...."1. ูุฅู ุณุฃูุช ุนู ุฃุตู ูุฐู ุงูุญุฑูู ูู
ู ุฃูู ุฌุงุกุชุ ุฃุฌุงุจู ุงูุณููููู ูู ูุชุงุฆุฌู ุจูููู: "ูุฅู ูุงู ุงูู
ุนูู ุงูุฒูุงุฆุฏ ุฃููุงู ูุงูุช ุงูุฒููุงุฏุฉ ุงูู
ูุจุฆุฉ ุนูู ุฃููุงูุ ู
ุณุจูุฉ ุนูู ุญุฑูู ุงูููู
ุฉุ ููุฐู ุงูุฒููุงุฆุฏ ุงูุฃุฑุจุนุ ูุฅููู
ุง ุชูุจุฆ ุฃูู ุงููุนู ูู
ูุญุตู ุจุนุฏ ููุงุนููุ ูุฃู ุจููู ูุจูู ุชุญุตููู ุฌุฒุกูุง ู
ู ุงูุฒูู
ุงูุ ููุงู ุงูุญุฑู ุงูุฒููุงุฆุฏ ุงูุณููุงุจู ูููุธ ุงููุนู ู
ุดูุฑูุง ูู ุงููููุณุงู ุฅูู ุฐูู ุงูุฌุฒุก ู
ู ุงูุฒููู
ุงูุ ู
ุฑุชููุจูุง ูู ุงูุจูุงู ุนูู ุญุณุจ ุชุฑุชููุจ ุงูู
ุนูู ูู ุงูุฌูุงู "2.
ูุฅู ุณุฃูุช: ูู
ูุงูุช ูุฐู ุงูุฃุญุฑู ุงูุฃุฑุจุนุฉ ุฏูู ุบูุฑูุง ู
ู ุญุฑูู ุงููุฌุงุกุ ุฃุฌุงุจู ุจูููู: " ุฅููู ุงูุฃุตู ูู ูุฐู ุงูุฒููุงุฆุฏ ุงููุงุกุ ุจุฏููู ููููุง ูู ุงูู
ูุถุน ุงูุฐู ูุง ูุญุชุงุฌ ููู ุฅูู ุงููุฑู ุจูู ู
ุฐููุฑ ูู
ุคููุซุ ููู ูุนู ุฌู
ุงุนุฉ ุงููููุณุงุก.
ุฏููู ุขุฎุฑ: ููู ุฃููู ุฃุตู ุงูุฒูููุงุฏุฉ ูุญุฑูู ุงูู
ุฏู ูุงููููููุ ูุงููุงู ูุง ุชุฒุงุฏ ุฃููุงู ูููุง ุชุดุจู ูุงู ุงูุนุทูุ ููุนููุฉ ุฃุฎุฑู ุชุฐูุฑ ูู ุจุงุจ ุงูุชูุตุฑูู3ุ ูุงูุฃูู ูุง
1 ุงูู
ูุตูู ูู ุนูู
ุงูุนุฑุจููุฉ ุต 244.
2 ูุชุงุฆุฌ ุงูููุฑ ุต 91
Sedangkan huruf nun pada awal fi'il mudhori misalnya kata (ููุนู) itu diambil dari huruf nun pada kata nahnu (ูุญู ),tapi keterangan ini hanya menurut pengamatan saya sendiri, perhatikan Bab mengenai dhomir mustatir wujuban silahkan diperhatikan di situ
ุงูุถู
ูุฑ ุงูู
ุณุชุชุฑ ูุฌูุจุง
Salah satu Contoh :
ูููู
ู : ุชูุฏูุฑู ูููู
ูุญู
Kata ูููู
diperkirakan (taqdirnya) ูููู
ูุญูBegitulah juga huruf-huruf yang lain
wallahualam
Ahmad Hikam Suni
Keritik saran ditunggu disini di grup ini:
Kelik link Biru โฌ
Konsul W.a Disini
Referensi
1 ุงูู
ูุตูู ูู ุนูู
ุงูุนุฑุจููุฉ ุต 244.
Unduh Kitabnya Disini
2 ูุชุงุฆุฌ ุงูููุฑ ุต 117.
2 ูุชุงุฆุฌ ุงูููุฑ ุต 117.
Komentar
Posting Komentar
Silahkan Tanggapi ! Bebas Sopan.....