FIQIH SEPUTAR ITIKAF ; BUAT YANG "GANDRUNG ITIKAF" SILAHKAN BACA YA !!
ุจููููููููุณู
ุงููู ุงูุฑุญู
ู ุงูุฑุญูู
,ูุจู ูุณุชุนูู
ุงูุญู
ุฏููู ูุตูู ุงููู ุณุจุญุงูู ูุจุญู
ุฏู ุนูู ุณูุฏูุงู
ุญู
ุฏ ุงูุฃู
ู ูุขูู ูุตุญุจู ุฃุฌู
ุนูู
Admin menemukan sebuah artikel syarat dengan ilmu yang berjudul *Serba Serbi Fiqih I'tikaf (Lengkap)", didalamnya terdapat ,"Pembahasan Fiqih Seputar Itikaf" syarat dengan Qoul Para ulama ,silahkan Pemirsa bisa mengambil manfaat dari artikel ini , jangan lupa kirim Fatihah kepada Penulis Artikel dan Saya yang doif ini!!! Berikuti ini artikelnya....
*1. Definisi I'tikaf*
- Secara bahasa:
ุงูุฅูุงู
ุฉ ูุงูุงุญุชุจุงุณ
_Menetap dan menahan diri._ (Nasywan bin Saโid Al Yamani, Syamsul โUlum, 7/4703)
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah mengatakan:
ุงูุงุนุชูุงู ูุฒูู
ุงูุดุฆ ูุญุจุณ ุงูููุณ ุนูููุ ุฎูุฑุง ูุงู ุฃู
ุดุฑุง
_Iโtikaf adalah menetapi sesuatu dan menahan diri padanya, baik dalam hal yang baik atau buruk._ (Fiqhus Sunnah, 1/475)
- Secara istilah fiqih:
ููู ูุฒูู
ูุง ุจููุฉ ุงูุชูุฑุจ ุฅูู ุงููู ุชุนุงูู
_Yaitu menetap di dalamnya dengan niat mendekatkan diri kepada Allah Taโala._ (Nasywan bin Saโid Al Yamani, Syamsul โUlum, 7/4703)
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah mengatakan:
ูุงูู
ูุตูุฏ ุจู ููุง ูุฒูู
ุงูู
ุณุฌุฏ ูุงูุงูุงู
ุฉ ููู ุจููุฉ ุงูุชูุฑุจ ุฅูู ุงููู ุนุฒูุฌู.
_Yang dimaksud iโtikaf di sini adalah menetapi masjid dan tinggal dalamnya dengan niat mendekatkan diri kepada Allah โAzza wa Jalla._ (Fiqhus Sunnah, 1/475)
*2. Dasar Hukumnya*
I'tikaf disyariatkan berdasarkan Al Quran, As Sunnah, dan Ijma'.
- Al Quran
ูููุง ุชูุจูุงุดูุฑููููููู ููุฃูููุชูู
ู ุนูุงููููููู ููู
ุงููู
ูุณูุงุฌูุฏู
_Janganlah kalian mencampuri mereka (Istri), sedang kalian sedang Iโtikaf di masjid._ (QS. Al Baqarah : 187)
- As Sunnah
Dari โAisyah Radiallahu โAnha:
ุฃูููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุงูู ููุนูุชููููู ุงููุนูุดูุฑู ุงููุฃูููุงุฎูุฑู ู
ููู ุฑูู
ูุถูุงูู ุญูุชููู ุชููููููุงูู ุงูููููู ุซูู
ูู ุงุนูุชููููู ุฃูุฒูููุงุฌููู ู
ููู ุจูุนูุฏููู
_Bahwasanya Nabi ๏ทบ beriโtikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan sampai beliau diwafatkan Allah, kemudian istri-istrinya pun Iโtikaf setelah itu._ (HR. Bukhari No. 2026, Muslim No. 1171)
- Ijma'
ููุฏ ุฃุฌู
ุน ุงูุนูู
ุงุก ุนูู ุฃูู ู
ุดุฑูุนุ ููุฏ ูุงู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ูุนุชูู ูู ูู ุฑู
ุถุงู ุนุดุฑุฉ ุฃูุงู
ุ ููู
ุง ูุงู ุงูุนุงู
ุงูุฐู ูุจุถ ููู ุงุนุชูู ุนุดุฑูู ููู
ุง.
_Ulama telah ijmaโ bahwa Iโtikaf adalah disyariatkan, Nabi ๏ทบ beriโtikaf setiap Ramadhan 10 hari, dan 20 hari ketika tahun beliau wafat._ (Fiqhus Sunnah, 1/475)
*3. Hukumnya*
Hukumnya adalah sunnah alias tidak wajib, kecuali Iโtikaf karena nazar.
Imam Ibnul Mundzir:
ูุฃุฌู
ุน ุฃูู ุงูุนูู
ุนูู ุฃู ุงูุงุนุชูุงู ูุง ูุฌุจ ุนูู ุงููุงุณ ูุฑุถุง ูููุ ุฅูุง ุฃู ููุฌุจ ุงูู
ุฑุฃ ุนูู ููุณู ุงูุงุนุชูุงู ูุฐุฑุง ููุฌุจ ุนููู
_Para ulama telah ijmaโ bahwa iโtikaf bukanlah kewajiban atas manusia sebagai kewajiban dari Allah, kecuali bagi seseorang yang mewajibkan iโtikaf atas dirinya dengan bernazar maka itu menjadi wajib baginya._ (Imam Ibnul Mundzir, Al Isyraf โala Madzahib al โUlama, 3/158)
Imam Asy Syaukani Rahimahullah:
ููุฏ ููุน ุงูุฅุฌู
ุงุน ุนูู ุฃูู ููุณ ุจูุงุฌุจ ุ ูุนูู ุฃูู ูุง ูููู ุฅูุง ูู ู
ุณุฌุฏ
_Telah terjadi ijmaโ bahwa Iโtikaf bukan kewajiban, dan bahwa dia tidak bisa dilaksanakan kecuali di masjid_. (Fathul Qadir, 1/245)
*4. Keutamaannya*
Tidak ada hadits shahih dan hasan yang menceritakan keutamaannya, dengan kalimat: _"Siapa yang i'tikaf maka dia akan begini dan begitu"._
Namun, apa yang Rasulullah ๏ทบ lalukan yaitu selalu i'tikaf di setiap Ramadhan, bahkan di akhir hayatnya i'tikaf 20 hari, itu sudah cukup menunjukkan keutamaannya. Di tambah lagi, i'tikaf termasuk memakmurkan masjid dan menghidupkan sunah Nabi ๏ทบ.
Syaikh Sayyid Sabiq Rahimahullah menjelaskan:
ููุงูู ุฃูุจูู ุฏูุงููุฏู: ููููุชู ููุฃูุญูู
ูุฏู ุฑูุญูู
ููู ุงูููููู: ุชูุนูุฑููู ููู ููุถููู ุงูุงูุนูุชูููุงูู ุดูููุฆูุงุ ููุงูู: ููุงุ ุฅููููุง ุดูููุฆูุง ุถูุนููููุง
_Berkata Abu Daud: Saya berkata kepada Ahmad Rahimahullah: โApakah engkau mengatahui tentang keutamaan Iโtikaf?โ Beliau berkata: โTidak, kecuali suatu riwayat yang dhaif.โ_ (Fiqhus Sunnah, 1/475)
*5. Syarat-Syarat Itikaf*
Syaratnya: _muslim, mumayyiz, dan suci dari hadats besar._ Mumayyiz menurut jumhur ulama adalah usia tujuh tahun atau lebih. Untuk mendidik boleh saja anak kecil belum tujuh tahuh ikut i'tikaf asalkan tidak membuat kegaduhan.
Syaikh Sayyid Sabiq menjelaskan:
ููููุดูุชูุฑูุทู ููู ุงูู
ูุนูุชููููู ุฃููู ููููููู ู
ูุณูููู
ูุงุ ู
ูู
ููููุฒูุง ุทูุงููุฑูุง ู
ููู ุงูุฌูููุงุจูุฉู ููุงูุญูููุถู ููุงููููููุงุณูุ ููููุง ููุตูุญูู ู
ููู ููุงููุฑู ููููุง ุตูุจูููู ุบูููุฑู ู
ูู
ููููุฒู ููููุง ุฌูููุจู ููููุง ุญูุงุฆูุถู ููููุง ููููุณูุงุกู
_Syarat bagi orang yang beriโtikaf adalah: muslim, mumayyiz (sudah mampu membedakan salah benar, baik buruk), suci dari junub, haid, dan nifas, tidak sah jika kafir, anak-anak yang belum mumayyiz, junub, haid, dan nifas._ (Fiqhus Sunnah, 1/477)
*6. Rukun I'tikaf*
Rukun i'tikaf ada dua: menetap di masjid, dan berniat untuk pendekatan diri kepada Allah Ta'ala. Syaikh Sayyid Sabiq mengatakan:
ุฃูุฑูููุงูููู: ุญููููููุฉู ุงูุงูุนูุชูููุงูู ุงูู
ูููุซู ููู ุงูู
ูุณูุฌูุฏู ุจููููููุฉู ุงูุชููููุฑููุจู ุฅูููู ุงูููููู ุชูุนูุงูููุ ูููููู ููู
ู ููููุนู ุงูู
ูููุซู ููู ุงูู
ูุณูุฌูุฏู ุฃููู ููู
ู ุชูุญูุฏูุซู ูููููุฉู ุงูุทููุงุนูุฉู ููุง ููููุนูููุฏู ุงูุงูุนูุชูููุงูู
_Rukun-rukunnya: hakikat dari Iโtikaf adalah tinggal di masjid dengan niat taqarrub ilallah Taโala. Seandainya tidak menetap di masjid atau tidak ada niat melaksanakan ketaatan, maka tidak sah disebut iโtikaf._ (Fiqhus Sunnah, 1/477)
*7. I'tikaf Muslimah*
Ya, sama seperti kaum laki-laki, muslimah pun juga sunnah melakukan iโtikaf. Dari โAisyah Radiallahu โAnha:
ุฃูููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููุงูู ููุนูุชููููู ุงููุนูุดูุฑู ุงููุฃูููุงุฎูุฑู ู
ููู ุฑูู
ูุถูุงูู ุญูุชููู ุชููููููุงูู ุงูููููู ุซูู
ูู ุงุนูุชููููู ุฃูุฒูููุงุฌููู ู
ููู ุจูุนูุฏููู
_Nabi ๏ทบ beriโtikaf pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan sampai beliau diwafatkan Allah, kemudian istri-istrinya pun Iโtikaf setelah itu._ (HR. Muttafaq 'Alaih)
*8. Syarat khusus I'tikaf Bagi Muslimah*
Bagi muslimah ada dua ketentuan yang harus diperhatikan, yaitu hendaknya mereka izin kepada wali atau suaminya, serta kondisi masjidnya kondusif untuk i'tikaf muslimah.
ููููููู ุฏูููููู ุนูููู ุฌูููุงุฒู ุงุนูุชูููุงูู ุงููููุณูุงุกู ุฃูููุถูุงุ ููููุง ุดูููู ุฃูููู ุฐููููู ู
ููููููุฏู ุจูุฅูุฐููู ุฃูููููููุงุฆูููููู ุจูุฐูููููุ ููุฃูู
ููู ุงูููุชูููุฉู ููุงูุฎูููููุฉู ู
ูุนู ุงูุฑููุฌูุงูู ููููุฃูุฏููููุฉู ุงูููุซููุฑูุฉู ููู ุฐูููููุ ููุงูููุงุนูุฏูุฉู ุงููููููููููุฉู: ุฏูุฑูุกู ุงูู
ูููุงุณูุฏู ู
ูููุฏููู
ู ุนูููู ุฌูููุจู ุงูู
ูุตูุงููุญู
_Dalam hadits ini terdapat dalil bolehnya Iโtikaf bagi wanita juga, dan tidak ragu bahwa kebolehan itu terikat dengan izin para walinya, atau aman dari fitnah, dan aman dari berduaan dengan laki-laki lantaran banyak dalil yang menunjukkan hal itu, juga kaidah fiqih: menolak kerusakan lebih diutamakan dibanding mengambil maslahat._ (Syaikh al Albani, Qiyam Ramadhan, hal. 35)
*9. Muslimah I'tikaf di Rumah*
Mayoritas ulama mengatakan i'tikaf muslimah sama dengan laki-laki yaitu di masjid bukan di rumah, kecuali mazhab Hanafi yg mengatakan lebih utama di rumah, di ruang yg biasa dipakai untuk shalat. Dalam Al Mausu'ah disebutkan:
ุฃูุฌูู
ูุนู ุงููููููููุงุกู ุนูููู ุฃูููููู ูุงู ููุตูุญูู ูููุฑููุฌูู ุฃููู ููุนูุชููููู ุฅููุงูู ููู ุงููู
ูุณูุฌูุฏู ูููููููููู ุชูุนูุงููู: {ููุฃูููุชูู
ู ุนูุงููููููู ููู ุงููู
ูุณูุงุฌูุฏู}ุ ููุฃูููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ููู
ู ููุนูุชููููู ุฅููุงูู ููู ุงููู
ูุณูุฌูุฏู. ููุฃูู
ููุง ุงููู
ูุฑูุฃูุฉู ููููุฏู ุฐูููุจู ุงููุฌูู
ููููุฑู ุฅูููู ุฃููููููุง ููุงูุฑููุฌูู ูุงู ููุตูุญูู ุฃููู ุชูุนูุชููููู ุฅููุงูู ููู ุงููู
ูุณูุฌูุฏูุ ู
ูุง ุนูุฏูุง ุงููุญููููููููุฉู ููุฅููููููู
ู ูููููููููู ุฅููููููุง ุชูุนูุชููููู ููู ู
ูุณูุฌูุฏู ุจูููุชูููุง ูุฃูููููู ูููู ู
ูููุถูุนู ุตููุงูุชูููุงุ ูููููู ุงุนูุชูููููุชู ููู ู
ูุณูุฌูุฏู ุงููุฌูู
ูุงุนูุฉู ุฌูุงุฒู ู
ูุนู ุงููููุฑูุงููุฉู ุงูุชููููุฒูููููููุฉู
_"Para fuqaha sepakat bahwa laki-laki tidak sah beriโtikaf kecuali di masjid, berdasarkan firman Allah Taโala: {Sedangkan kamu sedang beriโtikaf di dalam masjid} [Al-Baqarah: 187], serta karena Nabi ๏ทบ tidak pernah beriโtikaf kecuali di masjid. Adapun bagi wanita, mayoritas ulama berpendapat bahwa hukumnya seperti laki-laki, yaitu tidak sah beriโtikaf kecuali di masjid. Namun, menurut mazhab Hanafi, wanita boleh beriโtikaf di masjid rumahnya karena itu adalah tempat shalatnya. Jika ia beriโtikaf di masjid jamaah, maka hukumnya boleh tetapi makruh tanzih (tidak dianjurkan, namun tetap sah)."_ (Al Mausuโah Al Fiqhiyah Al Kuwaitiyah, 37/213)
*10. Apakah wajib 10 Hari 10 Malam?*
Idealnya adalah 10 hari 10 malam, namun itu bukan syarat sahnya iโtikaf. Iโtikaf tetap sah walau sebentar. Ini pendapat mayoritas ulama, kecuali salah satu riwayat dari Imam Abu Hanifah dan sebagian Malikiyah yang mengatakan tidak boleh kurang dari 10 hari.
Imam An Nawawi menjelaskan:
ููุฃูู
ููุง ุฃูููููู ุงูุงุนูุชูููุงูู ููุงูุตููุญููุญู ุงูููุฐูู ููุทูุนู ุจููู ุงููุฌูู
ููููุฑู ุฃูููููู ููุดูุชูุฑูุทู ููุจูุซู ููู ุงููู
ูุณูุฌูุฏู , ููุฃูููููู ููุฌููุฒู ุงููููุซููุฑู ู
ููููู ููุงููููููููู ุญูุชููู ุณูุงุนูุฉู ุฃููู ููุญูุธูุฉู
_Minimal iโtikaf, menurut pendapat yang shahih dan dianut oleh mayoritas ulama adalah disyaratkan untuk berdiam di masjid, boleh saja banyak (lama) atau sedikit (sebentar) sampai-sampai sekadar sejam atau sesaat._ (Al Majmuโ Syarh al Muhadzdzab, 6/514)
Imam Ibnu Hazm mengatakan:
ููููุงูู ุฃูุจูู ุญููููููุฉู: ููุง ููุฌููุฒู ุงููุงุนูุชูููุงูู ุฃูููููู ู
ููู ููููู
ู ููููุงูู ู
ูุงูููู: ููุง ุงุนูุชูููุงูู ุฃูููููู ู
ููู ููููู
ู ููููููููุฉู. ุซูู
ูู ุฑูุฌูุนู ููููุงูู: ููุง ุงุนูุชูููุงูู ุฃูููููู ู
ููู ุนูุดูุฑู ููููุงูู.
ูููููู ูููููู: ููุง ุงุนูุชูููุงูู ุฃูููููู ู
ููู ุณูุจูุนู ููููุงููุ ู
ููู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู ุฅููู ุงููุฌูู
ูุนูุฉู.
ููููููู ููุฐูุง ูููููู ุจูููุง ุฏูููููู. ููุฅููู ููููู: ููู
ู ููุนูุชููููู ุฑูุณูููู ุงูููููู - ุตููููู ุงูููููู ุนููููููู ููุณููููู
ู - ุฃูููููู ู
ููู ุนูุดูุฑู ููููุงููุ ููููููุง: ููุนูู
ูุ ููููู
ู ููู
ูููุนู ู
ููู ุฃูููููู ู
ููู ุฐููููู
Abu Hanifah berkata: _"Tidak sah i'tikaf kurang dari satu hari."_Malik berkata: _"Tidak ada i'tikaf yang kurang dari satu hari dan satu malam."_ Kemudian beliau meralat pendapatnya dan berkata: _"Tidak ada i'tikaf yang kurang dari sepuluh malam."_
Beliau juga memiliki pendapat lain: _"Tidak ada i'tikaf yang kurang dari tujuh malam, yaitu dari Jumat ke Jumat.โ_
Semua pendapat ini tidak memiliki dalil yang kuat. Jika dikatakan: _"Rasulullah ๏ทบ tidak pernah beri'tikaf kurang dari sepuluh malam?" Maka kami katakan: "Ya, tetapi beliau juga tidak melarang i'tikaf kurang dari itu."_ (Al Muhalla, 3/413)
*11. Masjid yang bagaimana boleh dipakai i'tikaf?*
Al Hafizh Ibnu Hajar (Fathul Bari, 4/272) menyatakan bahwa para fuqaha berselisih tentang jenis masjid yang boleh dilakukan iโtikaf di dalamnya, rinciannya sbb:
-
Sahnya Iโtikaf hanya di masjid yang di dalamnya dilakukan shalat yang lima dan shalat Jumat (Istilahnya: masjid jamiโ). Inilah pendapat Abu Hanifah, Ahmad, Abu Tsaur, Malik, dll
- Iโtikaf sah di lakukan di semua masjid, termasuk masjid yang tidak mendirikan shalat Jumat. (istilahnya: masjid ghairu Jamiโ โ surau), inilah pendapat, Syafiโi, Daud, dll. Inilah pendapat jumhur (mayoritas ulama). Imam Bukhari juga mengikuti pendapat ini, beliau menulis dalam Shahihnya:
ุจูุงุจ ุงููุงุนูุชูููุงูู ููู ุงููุนูุดูุฑู ุงููุฃูููุงุฎูุฑู ููุงููุงุนูุชูููุงูู ููู ุงููู
ูุณูุงุฌูุฏู ูููููููุง
_Bab Iโtikaf di 10 Hari terakhir dan Iโtikaf Masjid-Masjid Seluruhnya. (lalu beliau mengutip Al Baqarah 187)_
- Iโtikaf hanya sah dilakukan di tiga masjid: Masjidil Haram, Masjid Nabawi, dan Masjidil Aqsa. Ini pendapat Hudzaifah bin Yaman Radhiallahu โAhu, ini yang nampak dari pendapat Syaikh Al Albani Rahimahullah, dalam As Silsilah Ash Shahihah No. 2786.
- Hanya masjid di Mekkah dan Madinah, apa pun masjid itu. Ini pendapat โAtha
- Hanya masjid di Madinah, apa pun masjid itu. Ini pendapat Saโid bin Al Musayyab
*12. Batasan area masjid*
Semua ulama sepakat bahwa ruang utama masjid adalah masjid, lalu bagaimana dengan Ar RAHABAH yaitu teras, selasar, basement, atap, dan ruang yang semuanya masih bersambung dengan ruang utama masjid? Para ulama berbeda pendapat; ada yang mengatakan itu bagian dari masjid, ada pula yang mengatakan bukan bagian dari masjid. Manakah pendapat yang lebih kuat?
Imam Ibnu Hajar berkata :
ููููููุนู ูููููุง ุงููุงุฎูุชูููุงู ุ ููุงูุฑููุงุฌูุญ ุฃูููู ููููุง ุญูููู
ุงููู
ูุณูุฌูุฏ ููููุตูุญู ูููููุง ุงููุงุนูุชูููุงู
_Telah terjadi perbedaan pendapat tentang ini, namun pendapat yang lebih kuat adalah Ar Rahabah memiliki hukum-hukum masjid, dan SAH Iโtikaf di dalamnya._ ( Fathul Bari, 13/155)
Imam Al โAini menerangkan tentang Ar Rahabah:
ููู ุงูุณุงุญุฉ ูุงูู
ูุงู ุงูู
ุชุณุน ุฃู
ุงู
ุจุงุจ ุงูู
ุณุฌุฏ ุบูุฑ ู
ููุตู ุนูู ูุญูู
ูุง ุญูู
ุงูู
ุณุฌุฏ ููุตุญ ูููุง ุงูุงุนุชูุงู ูู ุงูุฃุตุญ ุจุฎูุงู ู
ุง ุฅุฐุง ูุงูุช ู
ููุตูุฉ
_Ar Rahabah adalah lapangan atau tempat yang luas di depan pintu masjid yang tidak terpisah dari masjid, hukumnya sama dengan hukum masjid, maka sah beriโtikaf di dalamnya menurut pendapat yang lebih benar dari perbedaan pendapat yang ada, selama dia masih bersambung dengan masjid._ (Imam Badruddin Al โAini, โUmdatul Qari, 35/254)
Imam An Nawawi menjelaskan pula:
ููุฏ ูุต ุงูุดุงูุนู ุนูู ุตุญุฉ ุงูุงุนุชูุงู ูู ุงูุฑุญุจุฉ ูุงู ุงููุงุถู ุฃุจู ุงูุทูุจ ูู ุงูู
ุฌุฑุฏ ูุงู ุงูุดุงูุนู ูุตุญ ุงูุงุนุชูุงู ูู ุฑุญุงุจ ุงูู
ุณุฌุฏ ูุงููุง ู
ู ุงูู
ุณุฌุฏ
_Imam Asy Syafiโi telah mengatakan bahwa SAH-nya Iโtikaf di Ar Rahbah. Al Qadhi Abu Ath Thayyib berkata dalam Al Mujarrad: โBerkata Asy Syafiโi: Iโtikaf sah dilakukan di bangunan yang menyatu dengan masjid, karena itu termasuk bagian area masjid._" (Al Majmuโ Syarh Al Muhadzdzab, 6/507)
Jadi, selama bangunan itu (baik tegelnya atau dindingnya) masih menyatu dengan masjid โseperti teras, atap, ruang samping mihrab, basement, menara- maka dia termasuk masjid, dan sah Iโtikaf di sana. Inilah pendapat yang lebih kuat di antara dua perselisihan yang ada, dan pendapat ini sesuai dengan kaidah:
ุงูุญุฑูู
ูู ุญูู
ู
ุง ูู ุญุฑูู
ูู
_Sekeliling dari sesuatu memiliki hukum yang sama dengan hukum yang berlaku pada sesuatu itu sendiri._ (Imam As Suyuthi, Al Asybah wan Nazhair, Hal. 125)
*13. Pembatal I'tikaf*
1. Secara sengaja Keluar dari masjid tanpa ada keperluan walau sebentar
2. Murtad
3. Hilang akal
4. Gila
5. Mabuk
6. Jimaโ (hubungan badan). *(Lihat semua dalam Fiqhus Sunnah, 1/481-483)*
*14. Aktivitas yang diperbolehkan saat i'tikaf*
Berikut ini aktifitas yang diperbolehkan selama Iโtikaf (diringkas dari Fiqhus Sunnah):
1.
Tawdiโ (melepas keluarga yang mengantar), sebagaimana yang Nabi ๏ทบ lakukan terhadap Shafiyyah
2. Menyisir dan mencukur rambut, sebagaimana yang โAisyah lakukan terhadap Nabi ๏ทบ
3.
Keluar untuk memenuhi hajat manusiawi, seperti buang hajat
4. Makan, minum, dan tidur ketika Iโtikaf di masjid, atau mencuci pakaian, membersihkan najis, dan perbuatan lain yang tidak mungkin dilakukan di masjid.
5. Para ulama berselisih pendapat tentang kebolehan menjenguk orang sakit, mengantar jenazah, dan shalat jumat bagi yang Iโtikafnya di masjid ghairu jamiโ, antara yang membolehkan dan yang mengatakan batal Iโtikafnya. Wallahu Aโlam
*15. Aktivitas Unggulan Selama I'tikaf*
- Hendaknya para muโtakifin memanfaatkan waktunya selama Iโtikaf untuk aktivitas ketaatan, seperti membaca Al Quran, dzikir dengan kalimat yang maโtsur, muhasabah, dan shalat sunnah mutlak.
- Berbincang dengan tema yang membawa manfaat juga tidak mengapa, namun hal itu janganlah menjadi spirit utama. Tidak sedikit orang yang Iโtikaf berjumpa kawan lama, akhirnya mereka ngobrol urusan dunianya; nanya kabar, jumlah anak, kerja di mana, dan seterusnya, atau disibukkan oleh WA, medsos, tiktok, yang keluar masuk tanpa hajat yang jelas, akhirnya membuatnya lalai dari aktifitas ketaatan.
*16. Kajian-kajian Saat I'tikaf*
Hal ini diperselisihkan ulama:
- MAKRUH, kecuali ilmu yang fardhu 'ain, ini mazhab Maliki. Sebab, i'tikaf itu hendaknya fokus melakukan ibadah khusus seperti tilawah, dzikir, dan shalat. (Imam ad Dusuqi, Asy Syarhul Kabir, 1/548)
- BOLEH asalkan tidak sering, ini mazhab Hambali. Sebab, kajian ilmu juga termasuk zikir dan ketaatan. (Syarhul Mumti', 6/163)
- BOLEH secara mutlak, bahkan ini termasuk agenda dalam i'tikaf, sebagaimana mazhab Syafi'i.
Imam An Nawawi:
ููุงูู ุงูุดููุงููุนูููู ููุงููุฃูุตูุญูุงุจู ููุงููุฃูููููู ููููู
ูุนูุชููููู ุงููุงุดูุชูุบูุงูู ุจูุงูุทููุงุนูุงุชู ู
ููู ุตูููุงุฉู ููุชูุณูุจููุญู ููุฐูููุฑู ููููุฑูุงุกูุฉู ููุงุดูุชูุบูุงูู ุจูุนูููู
ู ุชูุนููููู
ูุง ููุชูุนููููู
ูุง ููู
ูุทูุงููุนูุฉู ููููุชูุงุจูุฉู ููุญู ุฐูู ููุง ูุฑุงูุฉ ูู ุดุฆ ู
ููู ุฐููููู ููููุง ููููุงูู ูููู ุฎูููุงูู ุงููุฃูููููู ููุฐูุง ู
ูุฐูููุจูููุง ููุจููู ููุงูู ุฌูู
ูุงุนูุฉู ู
ูููููู
ู ุนูุทูุงุกู ููุงููุฃูููุฒูุงุนูููู ููุณูุนููุฏู ุจููู ุนูุจูุฏู ุงููุนูุฒููุฒู ..... ููุงุญูุชูุฌูู ุฃูุตูุญูุงุจูููุง ุจูุฃูููู ุฃูู
ูุฑู ุงููููุฑูุขูู ููุชูุนููููู
ู ุงููุนูููู
ู ููุงููุงุดูุชูุบูุงูู ุจููู ุทูุงุนูุฉู ููุงุณูุชูุญูุจูู ููููู
ูุนูุชููููู ููุงูุตููููุงุฉู ููุงูุชููุณูุจููุญู ููููุฎูุงูููู ุงูุตููููุงุฉู ููุฅูููููู ุดูุฑูุนู ูููููุง ุฃูุฐูููุงุฑู ู
ูุฎูุตููุตูุฉู ููุงููุฎูุดููุนู ููุชูุฏูุจููุฑูููุง ููุฐููููู ููุง ููู
ููููู ู
ูุนู ุงููุฅูููุฑูุงุกู ููุงูุชููุนููููู
ู
_Imam Asy-Syafiโi dan para sahabatnya berkata: Yang lebih utama bagi orang yang beriโtikaf adalah menyibukkan diri dengan ketaatan seperti shalat, tasbih, dzikir, membaca Al-Qurโan, serta menyibukkan diri dengan ilmu, baik dengan belajar, mengajar, menelaah, maupun menulis, dan hal-hal semacamnya. Tidak ada kemakruhan dalam hal tersebut, dan tidak dikatakan sebagai sesuatu yang bertentangan dengan yang lebih utama. Ini adalah mazhab kami, dan pendapat ini juga dipegang oleh sekelompok ulama, di antaranya Athaโ, Al-Auzaโi, dan Saโid bin Abdul Aziz.... Para ulama kami berdalil bahwa membaca Al-Qurโan, mengajarkan ilmu, dan menyibukkan diri dengannya termasuk ketaatan, sehingga dianjurkan bagi orang yang beriโtikaf sebagaimana shalat dan tasbih. Namun, berbeda dengan shalat, karena dalam shalat disyariatkan dzikir-dzikir khusus, kekhusyukan, dan perenungan, yang mana hal itu tidak bisa dilakukan bersamaan dengan membaca Al-Qurโan atau mengajarkan ilmu._ (Al Majmuโ Syarh al Muhadzdzab, 6/528)
*17. Aktivitas yang lebih utama dari i'tikaf*
Ada bbrp amalan yang lebih utama dibanding i'tikaf seperti membantu org yg sdg kesulitan.
Rasulullah ๏ทบ bersabda:
ููุฃููู ุฃูู
ูุดููู ู
ูุนู ุฃูุฎูู ุงููู
ูุณูููู
ู ููู ุญูุงุฌูุฉูุ ุฃูุญูุจูู ุฅูููููู ู
ููู ุฃููู ุฃูุนูุชููููู ููู ุงููู
ูุณูุฌูุฏู ุดูููุฑูุง
_Sungguh, aku berjalan bersama saudaraku untuk memenuhi kebutuhannya lebih aku cintai daripada i'tikaf di masjidku ini selama sebulan._
(HR. Thabrani dan Baihaqi, shahih. Lihat Shahih At-Targhib wa At-Tarhib, no. 2623).
Hadits ini menunjukkan betapa besarnya keutamaan membantu sesama, terutama dalam memenuhi kebutuhan mereka. Bahkan, Rasulullah ๏ทบ lebih mencintai perbuatan ini daripada iโtikaf selama sebulan di Masjid Nabawi.
*18. Hikmah I'tikaf*
Pelajaran yang bisa kita petik dari Iโtikaf adalah:
-
Menegaskan kembali posisi Masjid sebagai sentral pembinaan umat
- Sesibuk apa pun seorang muslim harus menyediakan waktunya untuk mendekatkan diri kepada Allah Taโala secara fokus dan totalitas
- Hidup di dunia hanya persinggahan untuk menuju keabadian akhirat
Demikian. Wallahu A'lam
Wa Shalallahu 'ala Nabiyyina Muhammadin wa 'Ala Aalihi wa Shahbihi wa Sallam
๐ท๐๐ท๐๐ท๐๐ท๐
Penulis :
Al Mukarram Ust. Farid Nu'man Hasan
Admin Serambi Ilmu dan Faidah
ุงูููู
ุตู ูุณูู
ุนูู ุณูุฏูุง ู
ุญู
ุฏ ูุนูู ุขู ุณูุฏูุง ู
ุญู
ุฏ ุจุนุฏุฏ ุญุฑูู ููุงู
ุงูููุ ูุตู ูุณูู
ุนููู ูุขูู ูู ุฃูู ุงูููุงู
ูุฃูุณุทู ูุขุฎุฑูุุงูููู
ุขุชู ุงููุณููุฉ ูุงููุถููุฉ ุจุฑุญู
ุชู ูุงุฃุฑุญู
ุงูุฑุงุญู
ูู
Komentar
Posting Komentar
Silahkan Tanggapi ! Bebas Sopan.....