PERIHAL AL QURAN DIGITAL ,APAKAH TERMASUK MUSHAF ? BEGINI ULASANNYA

ุจู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…,ูˆุจู‡ ู†ุณุชุนูŠู† ุงู„ุญู…ุฏู„ู„ู‡ ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุณุจุญุงู†ู‡ ูˆุจุญู…ุฏู‡ ุนู„ู‰ ุณูŠุฏู†ุงู…ุญู…ุฏ ุงู„ุฃู…ูŠ ูˆ ุขู„ู‡ ูˆุตุญุจู‡ ุฃุฌู…ุนูŠู†


Tanya :
 Afwan ustadz, klo Alquran digital di Hp itu termasuk mushaf bukan,?
Apa boleh di baca tanpa memiliki wudhu?
[Saudara Fauzan Azima]

Jawab : 
"para ahli fiqih di zaman modern ini mempunyai 2 jawaban yang berbeda : 
  1. Mereka berpendapat bahwa Alquran digital itu dihukumkan sebagai mushaf, jika aplikasinya diaktifkan, tetapi jika tidak diaktifkan maka tidak dianggap mushaf,analoginya begini 'samalah halnya dengan otak yang ada didalam batok tempurung kepala kita, di dalamnya jelas terdapat, berbagai macam file, ada file baik ada file buruk ada file Quran beserta ayat-ayatnya hadis-hadis nabi bahkan ada file maksiat di dalam kepala kita (mungkin), nah.... pada saat kita di WC, kita tidak diperkenankan mengaktif file-file yang mengandung ayat-ayat Alquran nama-nama Allah dan lain sebagainya tersebut, begitu juga pula lah pada saat kita di dalam WC tidak diperkenankan mengaktifkan aplikasi mushaf digital ataupun ringtone yang di situ mengandung seperti suara adzan ayat-ayat Alquran dan hadis-hadis nabi serta yang serupa itu.
  2. Mereka berpendapat bahwa Alquran digital itu tidak dihukumkan sebagai mushaf,alasannya karenaAlquran digital itu hanyalah pantulan cahaya.

Untuk pendapat pertama maka maka berlakulah hukum memperlakukan mushaf secara fisik seperti tidak boleh menyentuhnya pada saat junub dan berhadas kecil jika diaktifkan Seperti penjelasan di atas

Untuk pendapat yang kedua boleh menyentuhnya memegangnya baik dalam keadaan hadas kecil maupun hadas besar Alasannya karena tadi mereka tidak melakukannya sebagai mushaf

Yang mereka sepakati oleh para penganut pendapat yang kedua dan pendapat yang pertama adalah jika aplikasi Alquran digital itu dihidupkan atau diaktifkan , itu tidak diperkenankan di dalam WC dan kamar mandi.

Al fakir sendiri mengambil pendapat pertama , menurut Al fakir bahwa
Alasan yang orang menyatakan "bukan mushaf" karena merupakan 
"pantulan cahaya" alasan ini kurang tepat, sebab menurut al-faqir , bahwa cahaya itu ada dua : 
pertama cahaya cahaya jamadi dan,
Kedua cahaya maknawi , 
cahaya jamadi maksudnya adalah cahaya yang bisa ditangkap oleh panca indra kita , seperti cahaya matahari, bulan cahaya, lampu, termasuk cahaya HP ; Android dsb....
Adapun cahaya maknawi maksudnya adalah seperti : 
Cahaya Ilahi, cahaya surga, cahaya salat , cahaya tahajud, cahaya shodaqoh, cahaya Al Quran dan lain sebagainya cahaya- cahaya seperti ini tidak bisa ditangkap oleh panca indra kita, maka jelas tidak sama kedua-duanya, Oleh karena itu maka cahaya jamadi termasuk benda yang bisa dilihat , menurut Imam Nawawi Al Bantani mushaf adalah benda yang ditulis di dalamnya ayat-ayat Alquran baik benda itu berasal dari kertas , kayu, tulang , kain, kaca, termasuk cahaya jamadi, seperti penjelasan di atas , menurut Al fakir cahaya jamadi dihukumkan sebagai mushaf, baik dilebelkan menjadi kias ataupun tanpa dikiaskan sekalipun.

Kesimpulannya para ulama berbeda pendapat dalam mengenai Alquran digital Tapi menurut Al fakir lebih logis pendapat pertama.

Untuk melengkapi informasi, silahkan pelajari difinisinya ,klik ! Di sini

wallahualam

Adapun membaca Alquran di dalam wudhu maupun di luar wudhu itu tetap dibolehkan hanya saja menyentuh mushaf baik dalam bentuk digital maupun non digital itu tetap dianggap tidak sepatutnya , bahkan berdosa sekalipun sebagian beberapa ahli fiqih mengatakan tidak mengapa, khususnya untuk para hafiz Quran terdapat rukhshah / dispensasi boleh menyentuhnya dan ini pendapat di dalam mazhab Maliki wallahualam di bawah ini saya lampirkan beberapa referensinya.

Ahmad Hikam Suni

 ุงู„ู„ู‡ู… ุตู„ ูˆุณู„ู… ุนู„ู‰ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ ุขู„ ุณูŠุฏู†ุง ู…ุญู…ุฏ ุจุนุฏุฏ ุญุฑูˆู ูƒู„ุงู… ุงู„ู„ู‡ุŒ ูˆุตู„ ูˆุณู„ู… ุนู„ูŠู‡ ูˆุขู„ู‡ ููŠ ุฃูˆู„ ุงู„ูƒู„ุงู… ูˆุฃูˆุณุทู‡ ูˆุขุฎุฑู‡ุŒุงู„ู„ู‡ู… ุขุชู‡ ุงู„ูˆุณูŠู„ุฉ ูˆุงู„ูุถูŠู„ุฉ ุจุฑุญู…ุชูƒ ูŠุงุฃุฑุญู… ุงู„ุฑุงุญู…ูŠู†

Komentar

Postingan Populer