Perihal Solat I'adah, Bagaimana Hukum Dan Ketentuannya ? Simak Di Sini !
ุจููููููููุณู
ุงููู ุงูุฑุญู
ู ุงูุฑุญูู
,ูุจู ูุณุชุนูู
ุงูุญู
ุฏููู ูุตูู ุงููู ุณุจุญุงูู ูุจุญู
ุฏู ุนูู ุณูุฏูุงู
ุญู
ุฏ ุงูุฃู
ู ู ุขูู ูุตุญุจู ุฃุฌู
ุนูู
Deskripsi:
Istilah salat i'adah sudah dikenal oleh banyak kalangan ahli fiqih, bagi mereka istilah tersebut, sudah tidak asing lagi, salat i'adah adalah 2 kata; yang masing-masing mempunyai arti sendiri, salat artinya salat seperti yang kita ketahui, sedangkan I'ada artinya mengulang, tapi ketika kedua kata tersebut dipadukan, maka mempunyai arti tersendiri, yakni jenis salat yang mempunyai pembahasan sendiri.
Pembahasan
Adapun pengertian Salat I'adah ada adalah sebagaimana yang disebutkan dalam Maktubus- syamilah fasal I'adatussolah; Bab Solat ; juz 1 ,sebagai berikut ;
ุงูุฅุนุงุฏุฉ: ููู ุฃู ูุคุฏู ุตูุงุฉ ู
ู ุงูุตููุงุช ุงูู
ูุชูุจุฉุ ุซู
ูุฑู ูููุง ููุตุงู ุฃู ุฎููู ูู ุงูุขุฏุงุจ ุฃู ุงูู
ูู
ูุงุชุ ููุนูุฏูุง ุนูู ูุฌู ูุง ูููู ูููุง ุฐูู ุงูููุต ุฃู ุงูุฎูู.
Artinya:
โAdapun iโรขdah ialah ketika seseorang telah melaksanakan shalat fardhu, namun kemudian melihat ada cacat atau cela dalam kesempurnaan ataupun tata krama shalat, dan selanjutnya ia melaksanakan kembali shalat tersebut menurut tata cara yang tidak ada cela ataupun cacat.โ
Untuk Penjelasan lebih rinci dalam masalah ini, maka saya akan menukilkan penjelasannya seperti dirinci oleh Mustafa al-Khin dan Musthafa al-Bugha dalam kitab al-Fiqh al-Manhaji โala Madzhabi Imam al-Syafiโi (Surabaya: Al-Fithrah, 2000), juz I, hal. 110:
Seperti berikut ini :
ูุญูู
ูุง: ุงูุงุณุชุญุจุงุจ. ุฑูู ุงูุชุฑู
ุฐู ุฃูููู ุตูููู ุงููู ุนููู ูุณูููู
ุตูููู ุงูุตุจุญูุ ูุฑุฃู ุฑุฌููู ูู
ูุตูููุง ู
ุนู ููุงู: โ ู
ุง ู
ูุนูู
ุง ุฃู ุชุตูููุง ู
ุนูุงุ โ ููุงูุง: ูุง ุฑุณูู ุงูููุ ุฅูููุง ููููุง ูุฏ ุตููููุง ูู ุฑูุญุงููุง. ูุงู: โ ููุง ุชูุนูุงุ ุฅุฐุง ุตููููุชู
ุง ูู ุฑูุญุงููููู
ุง ุซู
ูู ุฃุชูุชูู
ุง ู
ุณุฌุฏู ุฌูู
ุงุนุฉุ ูุตููููุง ู
ุนูู
ุ ูุฅููููุง ููู
ุง ูุงููุฉ โ.
Artinya:
Hukum iโรขdah ini adalah sunnah ,(dasar dari kesunnahan ini,karena ada) riwayat Imam Turmudzi No. 219: โBahwasanya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam shalat shubuh berjamaah, kemudian beliau melihat ada dua lelaki yang tidak shalat bersama beliau, lantas beliau bertanya, โApa yang mencegah kalian berdua shalat bersama kami?โ Dijawab, โWahai Rasulullah, kami sudah melaksanakan shalat dalam perjalanan.โ Rasulullah berkata, โKenapa tidak? Jika kalian sudah shalat dalam perjalanan, kemudian menemui masjid yang di dalamnya ada jamaah shalat, maka shalatlah bersama mereka, karena yang demikian ini sunnah untuk kalian lakukanโ
Sebagian ulama menyatakan bahwa ibadah itu ada tiga hukum yang pertama wajib, yang kedua sunnah yang ketiga boleh tidak i'adah .
Wajib I'dah
Seorang yang mengulang salatnya, karena salatnya tidak sah , tidak sah karena ia mengerjakannya untuk menghormati waktu semata, seperti misalnya seorang yang berada di dalam kendaraan,ia tidak mungkin turun dari kendaraan untuk menyempurnakan syarat sah salat , karena sebab - sebab tertentu ; yang masuk akal, sedangkan waktu salat sudah hampir habis , lantas dia salat untuk menghormati waktu di mana setelah kondisinya normal ia akan mengulang salat tersebut jika sudah sampai di tempat tujuan.
Sunnah I'ada
Misalnya seorang yang menyelsaikan solat wajib , ia ingin menyertai solat berjemaah untuk memperoleh keutamaan lebih dari segi pahala, lantas ia i'dah solat dengan berjamaah
Tidak Wajib ( boleh tidak ) I'dah
Seorang yang pernah solat wajib , ia menutupi auratnya dengan lumpur hitam ,sebagai bentuk pengamalan syarat sah solat , ia tidak perlu i'adah.
Untuk I'adah solat Jumat dengan diganti solat zuhur 4 rakaat itu juga ada pembagian hukumnya , perhatikan keterangan berikut ini :
ูุงูุญุงุตู ุฃู ุตูุงุฉ ุงูุธูุฑ ุจุนุฏ ุงูุฌู
ุนุฉ ุฅู
ุง ูุงุฌุจุฉ ุฃู ู
ุณุชุญุจุฉ ุฃู ู
ู
ููุนุฉ ูุงููุงุฌุจุฉ ูู
ุง ูู ู
ุณุฃูุฉ ุงูุดู ูุงูู
ุณุชุญุจุฉ ููู
ุง ุฅุฐุง ุชุนุฏุฏุช ุจูุฏุฑ ุงูุญุงุฌุฉ ู
ู ุบูุฑ ุฒูุงุฏุฉ ูุงูู
ู
ุชูุนุฉ ููู
ุง ุฅุฐุง ุฃููู
ุช ุฌู
ุนุฉ ูุงุญุฏุฉ ุจุงูุจูุฏ ููู
ุชูุน ูุนู ุงูุธูุฑ. ูุงููู ุณุจุญุงูู ูุชุนุงูู ุฃุนูู
Artinya, โKesimpulannya, shalat zhuhur setelah jumat adakalanya wajib, sunnah, dan haram. Yang wajib sebagaimana dalam persoalan diragukan (mana yang lebih dahulu melaksanakan takbiratul ihram saat terdapat berbilangnya jumatan tanpa ada hajat). Yang sunnah dalam persoalan berbilangnya Jumat dengan sebatas kebutuhan tanpa melebihi batas tersebut. Yang haram dalam permasalahan dilaksanakannya satu Jumat dalam satu desa, maka tercegah untuk melakukan shalat zhuhur. Wallahu aโlam,โ (Lihat Syekh Abu Bakr bin Sayyid Muhammad Syatha, Jamโur Risalatain fi Taโddudil Jumโatain, halaman 9).
Adapun mengulang solat kerena lupa rokaat , itu sebenarnya juga "I'adah" secara praktek amaliahnya , hanya saja dalam fasal ini ulama menggunakan istilah " isti'naf " Artinya memulai dari Awal rokaat , kalau dalam bahasa Indonesia itu sama saja namanya yaitu :
"mengulang". Wallahu'alam
A.Hikam.S
Referensi
ุงูููู
ุตู ูุณูู
ุนูู ุณูุฏูุง ู
ุญู
ุฏ ูุนูู ุขู ุณูุฏูุง ู
ุญู
ุฏ ุจุนุฏุฏ ุญุฑูู ููุงู
ุงูููุ ูุตู ูุณูู
ุนููู ูุขูู ูู ุฃูู ุงูููุงู
ูุฃูุณุทู ูุขุฎุฑูุุงูููู
ุขุชู ุงููุณููุฉ ูุงููุถููุฉ ุจุฑุญู
ุชู ูุงุฃุฑุญู
ุงูุฑุงุญู
ูู
Komentar
Posting Komentar
Silahkan Tanggapi ! Bebas Sopan.....