FAEDAH 10; KATA - KATA MEMUKAU OLEH AL - 'AROBI SERTA BIOGRAFINYA

بــــــــسم الله الرحمن الرحيم,وبه نستعين الحمدلله وصلى الله سبحانه وبحمده على سيدنامحمد الأمي و آله وصحبه أجمعين

Nggak nyangka isi poster yang berbahasa Arab ini, begitu sangat indahnya dan memukau makna kandungannya serta susunan 'ibaroh arabnya, poster ini berisikan tentang percakapan singkat dan doa,sangking terkesimanya saya, langsung saja saya menulisnya,dalam blog yang sedang dirintis ini.
Langsung saja, arti dari tulisan dalam poster diatas adalah sebagai berikut :

Penanya : "Wahai Al- 'Arobi (sebagai seorang ahli bahasa arab) Apakah engkau pernah memperbaiki doamu?"
Al 'Arobi : "Ya benar ! Pernah" 
Penanya : "jika demikian berdoalah untuk kami (dengan susunanmu)"
Al'Arobi pun berdoa : 
"Ya Allah Sesungguhnya engkau telah memberi Islam kepada kami, padahal kami tidak pernah minta Islam itu, oleh karena itu janganlah engkau mengharamkan surga untuk kami Padahal kami selalu memintanya"

Menurut penulis, dalam doanya itu seolah-olah tersirat pengertian, "Ya Allah Engkau memberi kami beban-beban berupa syariat Islam ; yang isinya perintah dan larangan, Padahal , kami tidak pernah memintanya , walaupun kami juga memahami bahwa setelah beban itu Engkau menjanjikan hadiah berupa surga dan karuniaMu, oleh karenanya janganlah Engkau mengharamkan surga untuk kami , padahal kami memintanya terus, apalagi hal itu sesuai dengan janjiMu ya Alloh"

Mungkin anda penasaran Siapakah sebenarnya Ibnu Arabi itu? silakan simak penjelasan singkat berikut ini, untuk memahami gambaran sosok unik ibnul 'Arobi ! 
Beliau adalah Imam dalam bidang ilmu bahasa Arab,nama beliau adalah Abu Abdullah, Muhammad bin Ziyad bin Al-Arabi Al-Hashemi, gurunya adalah Al-Ahwal Al-Nasabah.
Beliau menjadi perawinya Abu Muawiyah Al-Darir, Al-Qasim bin Ma’n, dan Abu Al-Hasan Al-Kisa’i.
Sedangkan para Perawi beliau yaitu : Ibrahim Al-Harbi, Otsman Al-Darimi, Tha’lab, Abu Shuaib Al-Harrani, Shimr bin Hamdawayh, dan lain-lain.
Beliau dilahirkan di Kufah pada tahun seratus lima puluh Hijriah
Tidak ada seorang pun di kalangan penduduk Kufah, yang periwayatan haditsnya menyerupai periwayatan orang-orang Basrah yang mengambil riwayat hadits dari beliau, dan ia memberi kan komentar tentang seorang perawi katanya : "bahwa Abu Ubaidah dan Al-Asma’i tidak mengetahui apa pun" 
Perna suatu kali, beliau berkata yang diriwayatkan justru oleh Al-Asma’i: "Saya mendengar riwayat dari seribu orang Badui namun tidak sama dengan riwayat haditsnya"
Tha'lab berkata: Saya tinggal bersama Ibnu al-A'rabi selama sembilan belas tahun, dan sekitar seratus orang menghadiri pertemuannya, saya tidak pernah melihat ada buku di tangannya, beliau memang Ahli Bahasa dan Penghafal ilmu yang handal.
Al-Azhari berkata: Ibnu al-A'rabi adalah orang yang shaleh, zuhud, alim, dan jujur, unik beliau menghafal ilmu - ilmu yang aneh yang kebanyakan ulama tidak menghafalnya , beliau mendengar riwayat dari Bani Asad dan Bani Aqil dan banyak belajar dari kedua bani tersebut,
 Beliaupun belajar tata bahasa nahu kepada Imam Kisa'i
Ayahnya bernama Abd Sindi.
Saya berkata (Pengarang kitab Sirotunnubala ): 
Beliau banyak menulis karya bidang sastra dan sejarah suku- suku arab, dan beliau adalah pengikut Ahlussunnah dan pengikutnya. Dia meninggal di Samara pada tahun dua ratus tiga puluh satu.
Dikatakan: beliau adalah anak tiri Al-Mufaddal bin Muhammad Al-Dhabi, penulis “Al-Mufadliyat”, dengan posisi ini, beliau menyempatkan mengambil riwayat dari Al Mufaddal 
Beliau pernah berfatwa: 
Dalam penuturan orang Arab dibolehkan menggabungkan antara huruf dhod (ض) dan Dlo / zha' (ظ). 
Dikatakan: Dia meninggal pada tanggal tiga belas bulan Syaban.

Adapun keterangan redaksi arabnya sbb :

ابن الأعرابي
إمام اللغة أبو عبد الله ، محمد بن زياد بن الأعرابي الهاشمي مولاهم الأحول النسابة .
يروي عن : أبي معاوية الضرير ، والقاسم بن معن ، وأبي الحسن الكسائي .
وعنه : إبراهيم الحربي ، وعثمان الدارمي ، وثعلب ، وأبو شعيب الحراني ، وشمر بن حمدويه ، وآخرون .
ولد بالكوفة سنة خمسين ومائة .
ولم يكن في الكوفيين أشبه برواية البصريين منه ، وكان يزعم أن أبا عبيدة والأصمعي لا يعرفان شيئا .
[ ص: 688 ] قال مرة في لفظة رواها الأصمعي : سمعتها من ألف أعرابي بخلاف هذا .
قال ثعلب : لزمت ابن الأعرابي تسع عشرة سنة ، وكان يحضر مجلسه زهاء مائة إنسان ، وما رأيت بيده كتابا قط . انتهى إليه علم اللغة ، والحفظ .
قال الأزهري : ابن الأعرابي صالح زاهد ورع صدوق ، حفظ ما لم يحفظه غيره ، وسمع من بني أسد ، وبني عقيل فاستكثر ، وصحب الكسائي في النحو .
وأبوه عبد سندي .
قلت : له مصنفات كثيرة أدبية ، وتاريخ القبائل ، وكان صاحب سنة واتباع . مات بسامرا في سنة إحدى وثلاثين ومائتين .
قيل : كان ربيب المفضل بن محمد الضبي صاحب " المفضليات " ، فأخذ عنه .
وكان يقول : جائز في كلام العرب أن يعاقبوا بين الضاد والظاء . يقال : مات في ثالث عشر شعبان .

[المصدر : إسلام ويب ، المكتبة الإسلامية
 الرئيسية سير أعلام النبلاء الطبقة الثانية عشرة ابن الأعرابي ، سير أعلام النبلاء الذهبي - شمس الدين محمد بن أحمد بن عثمان الذهبي صفحة 688 جزء ، جميع الحقوق محفوظة © 2024 - 
1998 لشبكة إسلام ويب ]
Penulis Ahmad Hikam suni 


 اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد بعدد حروف كلام الله، وصل وسلم عليه وآله في أول الكلام وأوسطه وآخره،اللهم آته الوسيلة والفضيلة برحمتك ياأرحم الراحمين

Komentar

Postingan Populer