SYEIKHONA KHOLIL BANGKALAN MEMBOLEHKAN ROKOK,INI TANGGAPAN BUGHYATUL MUSTARSYIDIN

بــــــــسم الله الرحمن الرحيم,وبه نستعين الحمدلله وصلى الله سبحانه وبحمده على سيدنامحمد الأمي و 
آله وصحبه أجمعين

Sebuah tulisan di media sosial beredar tentang kebolehan merokok gimana kebolehan ini berpijak pada pendapat Syaikhona Kholil Bangkalan juga di situ ditulis oleh Kyai Haji Ma'ruf saya juga sudah membacanya dari awal sampai akhir ,saya sendiri juga menyukai pendapat beliau tersebut ,tetap saya juga tanggapan mengenai tulisan beliau tersebut, silahkan pemirsa simak disini !
Pendapat Syaikhona kholil Bangkalan tentang Rokok

ﻭَﻣَﻦْ ﺣَﺮَّﻡَ ﺍﻟﺪُّﺧَﺎﻥَ ﺟَﻬْﻠًﺎ ﻓَﻘُﻞ ﻟَﻪُ ۞
ﺑِﺄَﻱِّ ﺩَﻟِﻴْﻞٍ ﺃﻡْ ﺑِﺄﻱِّ ﺷَﺮِﻳْﻌَﺔِ

Barangsiapa mengharamkan rokok karena kebodohannya , Maka katakan padanya ۞ "dengan dalil apa atau dengan peraturan mana"?

ﻭﻟَﻴْﺲَ ﺑِﻬَﺎ ﺳُﻜْﺮٌ ﻭَﻻَ ﺍﻟﻠﻪ ﺫَﻣَّﻬﺎ ۞
ﻓَﻘَﻮْﻟُﻚَ ﺑِﺎﻟﺘَّﺤْﺮﻳْﻢِ ﻣِﻦْ ﺃﻱِّ ﻭِﺟْﻬَﺔِ

Sedangkan, merokok tidak memabukkan, dan Allah tidak mencelanya, ۞ Maka pendapatmu tentang haramnya rokok, dari jalan mana dalilnya ?

ﻭﻻ ﺍﻷَﻧْﺒِﻴَﺎ ﻋَﻨْﻬَﺎ ﻧَﻬَﻮﺍ ﻗَﻂُّ ﺍُﻣَّﺔً ۞
ﻭَﻻَ ﺍﻟْﻌُﻠَﻤَﺎ ﻛَﻠَّﺎ ﻭَﻻ ﺃﻫْﻞُ ﻗِﺒْﻠَﺔِ

Tidak ada seorangpun dari para Nabi yang melarang umatnya ۞ dan juga para Ulama' dan orang yang ahli kiblat

ﻭَﻣَﺎ ﻫِﻲَ ﺇِﻟَّﺎ ﻣِﻦْ ﻣُﺒَﺎﺣَﺎﺕِ ﺭَﺑِّﻨَﺎ ۞ 
ﻭَﻛُﻞُّ ﻣُﺒَﺎﺡٍ ﺟَﺎﺋِﺰٌ ﻓِﻲ ﺷَﺮِﻳْﻌَﺔِ

Dan bukanlah rokok itu, kecuali termasuk kemubahan dari Tuhan kita ۞ Dan setiap hukum mubah, adalah boleh dilakukan dalam syari'at .

(Syi'ir Syaikhona Kholil Bangkalan tentang hukum merokok)

(KH.mahrus ali lirboyo)

Tanggapan ( Al Faqir )  Penulis 
Saya punya 2 jawaban : 
1.Di kitab Bughyatul Mustarsyidin, sudah disebutkan alasan peng- haromannya, aku tidak memposisikan diri lebih Alim dari Syeikhuna Al Mukarrom, tapi aku hanya mengatakan bahwa ulama itu , jumlahnya tidak satu, pendapat ulama itu juga, tidak satu , 4 Ulama Mujtahid Mutlak saja ,masih ber- ikhtilaf diantara mereka ,apalagi ulama- ulama di bawah ulama 4 Imam mazhab .

2.Rokok zamannya Syaikhonan itu , tidak sama dengan rokok sekarang , barangkali jika syaikhona tahu , rokok jaman sekarang yang banyak bahayanya , tentu beliau akan menambah fatwanya lagi , wallahu'alam

Adapun jawaban yang ada di dalam kitab bobiyatul mustarsyidin itu sebagai berikut: 

 اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد بعدد حروف كلام الله، وصل وسلم عليه وآله في أول الكلام وأوسطه وآخره،اللهم آته الوسيلة والفضيلة برحمتك ياأرحم الراحمين

Komentar

Postingan Populer