Syarat- Syarat Menjadikan Jin Sebagai Pekerja
بــــــــسم الله الرحمن الرحيم,وبه نستعين
الحمدلله وصلى الله
سبحانه وبحمده على سيدنامحمد الأمي و آله وصحبه أجمعين
"Syarat-syarat itu tetaplah ada , bersekutu boleh selama tidak diartikan dengan "menyembahnya atau ia menyembah manusia"
Syarat-syarat sbb :
1.Manusia dan Jin-nya harus tahu dan punya akidah yang lurus dan disiplin syariat yang sudah terbukti,jika khawatir melenceng dari ajaran islam dan bermudharat SEGERA TINGGALKAN pertemanan ini!!
2.Berteman dengan Jin karena Allah sebagai muslim .
3.Dalam pertemanan tidak ada unsur maksiat
4.Tidak membuat perjanjian - perjanjian merugikan dan menyalahi syariat islam diantara kedua belah fihak.
Dalam hal ini :
- boleh memberi makan kepada Jin ,selama niat untuk shodaqoh taqortub ilallah , selama itu bukan kewajiban darinya dan selama tidak ada unsur menyia-nyiakan harta / buang-buang duit (idha'atul maal)
- boleh memberi bayaran wajar kepada jin tersebut, karena tempatnya kita tempat,untuk menghindari komplik dengan bangsa jin ,misalnya dengan sekedar memberi makan ,bukan dengan persyaratan- persyaratan yang melanggar syariat dan merugikan manusia ,misalnya tumbal dari salah seorang keluarga, atau minta jatah bersutubuh dsb
Catatan : dalam memberikan makan dan upah pada Jin hindari cara- cara tasyabbuh dengan orang-orang musyrik dalam memberikan makan pada mereka ,misalnya "ada ritual dulu"
Referensi Hukum
1.Dalam kitab Sirojul Arifin (hal. 57) disebutkan:
اما وضع الطعام والأزهار فى الطرق اوالمزارع اوالبيوت لروح الميت وغيره فى الأيام المعتادة كيوم العيد ويوم الجمعة وغيرهما كل ذلك من الأمور المحرمة ومن عادة الجاهلية ومن عمل أهل الشرك .
2.Dalam keputusan musyawarah ulama’ Ahlussunnah Indonesia di Arab Saudi tentang sesaji yang tercatat dalam kitab Tsamar ar-Raudhah asy-Syahiyah disebutkan: (Nukil dari situs NU online Dawe Kudus)
إن قصد بتصدق ذلك الطعام التقرب إلى الله ليكفي الله شر ذلك من الجن لم يحرم لأنه لم يتقرب لغير الله كما لا يخفى للمنصف وأما إذا قصد الجن فحرام بل إن قصد التعظيم والعبادة لمن ذكر كان ذلك كفرا قياسا على نصهم في الذبح كما في فتح المعين ج ۲ ص ٣٤٩، والجمل على المنهج في كتاب الصيد والذبائح وغيرها اه ، هذا إذا لم يكن فيه إضاعة مال كأن لم يكن فيه إلا مأكول ويؤكل، وأ.ما ماعهد الآن في بلدنا جاوة من أن فيه لبان جاؤه «منيان » والأزهار «كمباغ » وغيرهما
مما لا يؤكل فحرام لأنه تصرف المال فيما لا يقصد شرعا
Tulisan masih memerlukan Referensi lagi......
Ahmad Hikam Suni
اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد بعدد حروف كلام الله، وصل وسلم عليه وآله في أول الكلام وأوسطه وآخره،اللهم آته الوسيلة والفضيلة برحمتك ياأرحم الراحمين
Komentar
Posting Komentar
Silahkan Tanggapi ! Bebas Sopan.....