MAHA SUCI ALLOH MIRIP SEPERTI DEWA-DEWA YUNANI ATAU TIONGKOK KUNO

Pengajian ke -11

بــــــــسم الله الرحمن الرحيم,وبه نستعين الحمدلله وصلى الله سبحانه 
وبحمده على سيدنامحمد الأمي و آله وصحبه أجمعين


Kata Pada Garis Merah (العلي) berarti "Maha Tinggi ) kata ini disebut beberapa kali dalam Al Qur'an salah satunya ada di dalam Surah Al baqoroh ayat 255 yg dikenal ayat kursi,

Tafsir Al qurtuby 
Surah Al baqoroh ayat 255 yg dikenal ayat kursi, ketika menafsir kata Al Aliyy, beliau menuliskan sebagai berikut:

(العلي) يراد به علو القدر والمنزلة لا علو المكان؛ لأن الله منزه عن التحيز. وحكى الطبري عن قوم أنهم قالوا: هو العلي عن خلقه بارتفاع مكانه عن أماكن خلقه. قال ابن عطية: وهذا قول جهلة مجسمين، وكان الوجه ألا يحكى.
Al Aliyy maksudnya ketinggian kekuasaan dan derajat bukan ketinggian tempat, karena Allah disucikan dari bertempat. Dan dikisahkan oleh At thabarry dari satu golongan yg mana mereka mengatakan Dia Allah yg maha tinggi dari makhluknya dengan ketinggian tempatnya dari tempat makhluknya. Kemudian berkata Ibnu Atiyyah : Dan ini perkataan kaum terbodohnya dr golongan mujassimah, dan kisah ini sebaiknya tidak perlu dihikayatkan/diceritakan.

Ungkapan 
"هو العلي عن خلقه بارتفاع مكانه عن أماكن خلقه"
Ini ungkapan pemahaman Mujassimah; dimana seolah-olah mereka mengumpamakan  Alloh seperti Raja Sakti atau seperti dewa-dewa langit yang ada dalam sejarah Yunani kuno dan Cina kuno,jika diartikan : 

Dia Allah yang maha tinggi dari makhluknya dengan ketinggian tempatnya dari tempat makhluknya

Padahal seharusnya 

Dia Allah yang maha tinggi dari makhluknya dengan ketinggian kekuasaan dan derajat diatas makhlukNya

Maka pantaslah Ibnu 'Athiyyah mengutuk mereka sebagai kaum terbodoh 
"وهذا قول جهلة مجسمين، وكان الوجه ألا 
يحكى"
"Ungkapan ini adalah ungkapan orang bodoh dari kaum mujassimah ,pendapat ini ( diatas ) tidak perlu diceritakan lagi "

Saran : 
Seperti betul tapi keliru,hanya bisa oleh para ulama , oleh karena nya sebaiknya ,hati-hati membaca buku-buku yang beredar sekarang,banyak buku-buku wahabisme yang dibagikan cuma-cuma ,Bagi pemirsa yang masih awam dalam urusan ini , sebaiknya membaca buku-buku terjemahan dengan memastikan ada rekomendasi dari guru yang tepat.



Wallohu'alam

By Ahmad Hikam Suni

    اللهم صل وسلم على سيدنا محمد وعلى آل سيدنا محمد بعدد حروف كلام الله، وصل وسلم عليه وآله في أول الكلام وأوسطه وآخره،اللهم آته الوسيلة والفضيلة برحمتك ياأرحم الراحمين

Komentar

Postingan Populer