INILAH TUJUH DALIL MEMBALIKAN 2 TELAPAK TANGAN SAAT QUNUT NAZILAH / TOLAK BALA
Pengajian Ke 97
ุจููููููููุณู
ุงููู ุงูุฑุญู
ู ุงูุฑุญูู
,ูุจู ูุณุชุนูู
ุงูุญู
ุฏููู ูุตูู ุงููู ุนูู ุณูุฏูุงู
ุญู
ุฏ ูุนูู ุขูู ุฃุฌู
ุนูู
Beberapa orang bertanya- tanya mungkin tentang membalikkan kedua telapak tangan ;yakni permukaan tangan mengarah ke bumi/ kebawah sedangkan punggung telapak menghadap kearah langit / atas , pada saat qunut, pertanyaannya "apakah gerakan atau sikap ini ada pijaknya secara dalil ?
Jawabnnya tentu ada...., dalil-dalilnya terdapat dalam kitab-kitab yang sudah muktabar,walaupun sebenarnya dalam masalah ini terdapat ikhtilaf diantara para ulama, yang mempunyai masing-masing dalil dan dasar , baik secara Aqli maupun Naqli , namun demikian disini saya hanya akan menukilkan dalil "membalikkan kedua telapak tangan pada saat doa tolak bala'", silahkan pemirsa menyimaknya :
Dasar yang pertama:
ููุฏ ุฌุงุก ูู ู
ุณูุฏ ุงูุฅู
ุงู
ุฃุญู
ุฏ ุนููู ุฎููุงุฏู ุจููู ุงูุณููุงุฆูุจู ุงููุฃูููุตูุงุฑูููู ุฑุถู ุงููู ุนูู: (ุฃูููู ุงููููุจูููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ููุงูู ุฅูุฐูุง ุณูุฃููู ุฌูุนููู ุจูุงุทููู ููููููููู ุฅูููููููุ ููุฅูุฐูุง ุงุณูุชูุนูุงุฐู ุฌูุนููู ุธูุงููุฑูููู
ูุง ุฅููููููู).
Terdapat dalam Musnad Ahmad (sebuah hadits )Dari Kholad bin Assaib Al Anshari radhiallohu'anhu "Ketika memohon kepada Allah, beliau (Nabi Saw) menengadahkan telapak tangan beliau (bagian dalam), kemudian ketika memohon perlindungan, beliau membalikkan telapak tangan kedua beliau. (HR. Ahmad dalam Musnad-nya, dari Al-Saib bin Khalad-hadis hasan).
Dasar yang kedua:
ูุฌุงุก ( ุฃูุถุง)ูู ูุชุญ ุงูุจุงุฑู ูุงุจู ุญุฌุฑ ุฑุญู
ู ุงููู: ูุงู ุงููููู: ูุงู ุงูุนูู
ุงุก: ุงูุณูุฉ ูู ูู ุฏุนุงุก ูุฑูุน ุงูุจูุงุก ุฃู ูุฑูุน ูุฏูู ุฌุงุนูุงู ุธููุฑ ูููู ุฅูู ุงูุณู
ุงุกุ ูุฅุฐุง ุฏุนุง ุจุณุคุงู ุดูุก ูุชุญุตููู ุฃู ูุฌุนู ุจุทู ูููู ุฅูู ุงูุณู
ุงุก. ุงูู.
Terdapat juga hal ini dalam kitab Fathul Bari Ibnu Hajar (sebuah hadits ).
Imam Nawawi berkata :berkata para Ulama : merupakan sunnah dalam doa tolak bala' dengan membalikkan kedua telapak tangan yang punggung nya menghadap ke langit
[kemungkinan wawu fathah/ููุฌุงุก ini mengatof pada lafaz (ูุฌุงุก ูู ู
ุณูุฏ)oleh sebab itu penulis menambahkan lafazh (ุฃูุถุง )sesudahnya]
Dasar yang ketiga:
Di tempat yang lain Imam Nawawi berkata:
ูุงู ุงููููู ุฑุญู
ู ุงููู
" ููุงูู ุฌูู
ูุงุนูุฉู ู
ููู ุฃูุตูุญูุงุจูููุง ููุบูููุฑูููู
ู: ุงูุณูููููุฉู ููู ููููู ุฏูุนูุงุกู ููุฑูููุนู ุจูููุงุกู ุ ููุงููููุญูุทู ููููุญููููู ุ ุฃููู ููุฑูููุนู ููุฏููููู ููููุฌูุนููู ุธูููุฑู ููููููููู ุฅูููู ุงูุณููู
ูุงุกูุ ููุฅูุฐูุง ุฏูุนูุง ููุณูุคูุงูู ุดูููุกู ููุชูุญูุตูููููู ุ ุฌูุนููู ุจูุทููู ููููููููู ุฅูู ุงูุณู
ุงุก " ุงูุชูู ู
ู " ุดุฑุญ ุงููููู ุนูู ู
ุณูู
" (6/ 190) .
ููุฏ ุงุญุชุฌูุง ุจู
ุง ุฑูุงู ู
ุณูู
(895) ุนููู ุฃูููุณู ุจููู ู
ูุงููููุ ( ุฃูููู ุงููููุจูููู ุตููููู ุงูููู ุนููููููู ููุณููููู
ู ุงุณูุชูุณููููุ ููุฃูุดูุงุฑู ุจูุธูููุฑู ููููููููู ุฅูููู ุงูุณููู
ูุงุกู )
Para ulama kita dan juga segolangan Ulama dari mazhab lain telah berfatwa bahwa "sunnah dalam doa tolak bala' seperti masa paceklik dsb... yaitu doa mengangkat tangan sembari membalikkan kedua telapak tangan yakni punggung telapak tangan kearah langit, namun jika meminta sesuatu maka permukaan tangan yang menghadap ke langit,demikian dalam Syarat Muslim Karangan Imam Nawawi.
Para Ulama tersebut beralasan dengan sebuah hadits yang diriwayatkan oleh Imam Muslim dari Anas bin Malik radhiallohu'anhu yaitu "jika Nabi shallallahu'alaihi walihi wasallam minta hujan beliau akan berdoa dengan kedua telapakkannya ; memberikan isyarat dengan membalikkan kedua telapak tangan yang punggung nya menghadap ke langit
Dasar Keempat
ููุณูู ุฑูุน ููุฏูู ูู ุงูููููุช ููุฌุนูู ุจุทูููู
ุง ูุฌููุฉ ุงูุณูู
ุงุก ุนูุฏ ุทููุจ ุชุญุตููู ุงูุฎูุฑ โ ู ุธูุฑูู
ุง ุนููุฏ ุทูุจ ุฑูุน ุงูุดูุฑ ููููุฐุง ุณูุงุฆุฑ ุงูุฃุฏุนููุฉ ููุง ูุณูู ู
ุณูุญ ุงููุฌูู ุนููุจ ุงูุฏุนูุงุก ูู ุงูุตููุงุฉ ุจู ุงูุฃููู ุชูุฑูู ุจุฎููุงู ุฎุงุฑุฌููุง ููุณูู ู
ุณุญ ุงููุฌู ูุง ุงูุตูุฏุฑ ููู ุฎุงุฑุฌููุง .
Disunahkan mengangkat kedua tangan (bagi orang yang shalat) ketika membaca doa qunut, dan menjadikan telapak tangannya (bagian dalam) mengarah ke atas/langit, pada saat mengharapkan sesuatu permohonan yang baik. Dan membalikkanya ketika mengharap hilangnya keburukan (musibah). Yang demikian ini dapat dikerjakan pada seluruh doa (baik qunut Subuh maupun bukan. Dan tidak disunahkan bagi orang yang selesai membaca doa qunut untuk mengusapkan tangannya ke wajahnya, bahkan sebaliknya, sebaiknya ia tinggalkan itu. Berbeda ketika berdoa di luar shalat, maka disunahkan baginya menyapukan telapak tangannya itu ke wajah, bukan ke dadanya.
Dasar yang kelima:
( ููููู ุฑูุน ููุฏูู ูููู ) ุฃู ูู ุงูููููุช ููุฐุง ูู ุณูุงุฆุฑ ุงูุฃุฏุนููุฉ ููู ูู ุบูุฑ ุงูุตูุงุฉ ุฑูุนูุง ู
ูุชุตุฏุง ุจุชููุฑูู ุฃู ุฌู
ุน ูููู ุฃููู ููุดูููู
ุง ูุฑูุน ุฃุตูุงุจุนููู
ุง ูุฌุนู ุจุทููููู
ุง ุฅูู ุงูุณูู
ุงุก ูู ุงูุซูููุงุก ู
ุทููููุง ูููุฐุง ูู ุงูุฏุนูุงุก ุฅู ูู
ููู ุจุฏูุน ุดูุฆ ูุฅูุง ูุนููุณููู .
Dikatakan: (ketika mengangkat tangannya waktu qunut), hal itu berlaku di semua doa, baik dalam maupun di luar shalat. Caranya: mengangkat kedua tangan bisa jadi dipisahkan atau dikumpulkan, itu lebih utama. Bisa jadi membuka dan mengangkat jari-jari kedua tangan, dan menengadahkan bagian dalam telapak tangannya ke atas dalam doa puji-pujian itu berlaku dalam semua doa, tetapi untuk doa minta perlindungan telapak tangan dibalikkannya.
Dasar Yang Keenam
ูุฐูุจ ุฌู
ุงุนุฉ ู
ู ุฃูู ุงูุนูู
ุฅูู ุฃู ุงูุฏุนุงุก ุฅุฐุง ูุงู ูุฑูุน ุงูุจูุงุก ุ ุฌุนู ุธูุฑ ูููู ุฅูู ุงูุณู
ุงุก ุ ูุฅุฐุง ูุงู ูุทูุจ ุดูุก ูุชุญุตููู
(ุฌุนู ุจุทู ูููู ุฅูู ุงูุณู
ุงุก .( ุญุงุดูุฉ ุงูุจูุฌุฑู
Segolongan Ahlul Ilmi mengambil pendapatnya bahwa suatu doa apabila tujuannya untuk menghilangkan bala maka posisi punggung kedua belah tangan menghadap ke langit dan apabila untuk menginginkan dan memperoleh sesuatu maka posisinya permukaan kedua tangan yang menghadap ke langit sedangkan punggungnya menghadap ke bumi.
Dasar Yang Ke Tujuh
ุง ุงูุดูุฎ ุฃุญู
ุฏ ุดุฑูู ุงููุนุณุงู
ูุฅูู ูุณุชุญุจูู ููุจ ุงููููู ุฃุซูุงุก ุงูุฏุนุงุกุ ุฅุฐุง ูุงู ุงูุฏุงุนู ูุณุชุนูุฐ ุจุงููู ุชุนุงูู ู
ู ุฃู
ุฑุ ุฃู ูุงู ุงูุฏุนุงุก ูุฑูุน ุจูุงุก. ูุฐุงุ ูุงููู ุชุนุงูู
ุฃุนูู
.
Syekh Ahmad Syarif Anna'san berkata : berkata disukai atau mustahab membalik kedua telapak tangan jika orang yang berdoa itu mohon perlindungan dari Allah karena suatu urusan atau doa untuk tolak bala Allah ta'ala a'lam
Kesimpulan :
Membalikkan dua telapak tangan untuk tolak bala itu ada dalilnya walaupun terdapat ikhtilaf , jadi bukan perbuatan ikut-ikutan yang tidak berdasar.
Ciri-ciri Shighah Qunut Nazilah
Adapun ciri-cirinya biasanya lafaz doanya didahului oleh :
1.ุงูููู
ุฅูุงูุนูุฐ ุจ....
2.ุฃูููู
ุฃุฏูุน ุนู .....
3.ุงูููู
ุงุตุฑู ุนูุง...
Dan lain sebagainya
Adapun hukum Qunut Nazilah itu sendiri menurut mazhab Syafiโi adalah sunnah ketika terjadi malapetaka atau bahaya yang menimpa kaum muslimin atau sebagiannya. Sedangkan waktu pelaksanaannya adalah ketika berdiri bangun dari rukuโ (iโtidal) dalam kelima shalat fardhu, dilainkan waktu insyaallah akan saya tuliskan dasar-dasar kesunnahannya.
Wallohu'alam
ุงูููู
ุตู ูุณูู
ุนูู ุณูุฏูุง ู
ุญู
ุฏ ูุนูู ุขู ุณูุฏูุง ู
ุญู
ุฏ ุจุนุฏุฏ ุญุฑูู ููุงู
ุงูููุ ูุตู ูุณูู
ุนููู ูุขูู ูู ุฃูู ุงูููุงู
ูุฃูุณุทู ูุขุฎุฑูุุงูููู
ุขุชู ุงููุณููุฉ ูุงููุถููุฉ ุจุฑุญู
ุชู ูุงุฃุฑุญู
ุงูุฑุงุญู
ูู
By : Ahmad Hikam Suni
โโโโโโโโโโโ-
Sumber :
1.al-Jamiโu al-Shaghir (247), al-Fiqhu al-Islamy (143)
2.a.al-Bajuri, J.I/163.
b. (Lihat Syekh Ibrahim Al-Baijuri, Hasyiyatul Baijuri, Beirut, Darul Kutub Al-Ilmiyah, cetakan kedua, 1999 M/1420 H, juz I, halaman 314)
3.Qalyuby Mahally, I/157
4.https://www.google.com/amp/s/islamqa.info/amp/ar/answers/247603
โโโโโโโโโโโโโโ
Komentar
Posting Komentar
Silahkan Tanggapi ! Bebas Sopan.....