Wafat,Pesan Terakhir Dan Riwayat Hidup K.H.Maemun Zubair



K.H.Maemun Zubair r.a

Innalillahi wa innaa ilaihi rojiuun, telah pulang ke Rahmatullah KH Maimun Zubair di Makkah Jam 04.00 Di Rs.An-Noor,

Kami Admin Blog ini turut berduka cita yang mendalam ๐Ÿ˜ข

Marilah Kita Solat Gaib dan  berdoa untuk beliau :

ุงูŽู„ู„ู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุบู’ููุฑู’ู„ูŽู‡ู ูˆูŽุงุฑู’ุญูŽู…ู’ู‡ู ูˆูŽุนูŽุงููู‡ู ูˆูŽุงุนู’ูู ุนูŽู†ู’ู‡ู ูˆูŽุงูŽูƒู’ุฑูู…ู’ ู†ูุฒูู„ูŽู‡ู ูˆูŽูˆูŽุณู‘ูุนู’ ู…ูŽุฏู’ุฎูŽู„ูŽู‡ู ูˆูŽุงุบู’ุณูู„ู’ู‡ู ุจูุงู„ู’ู…ูŽุงุกู ูˆูŽุงู„ุซู‘ูŽู„ู’ุฌู ูˆูŽุงู„ู’ุจูŽุฑู’ุฏู ูˆูŽู†ูŽู‚ูู‘ู‡ู ู…ูู†ูŽ ุงู„ู’ุฎูŽุทูŽุงูŠูŽุง ูƒูŽู…ูŽุง ูŠูู†ูŽู‚ู‘ูŽู‰ ุงู„ุซู‘ูŽูˆู’ุจู ุงู’ู„ุงูŽุจู’ูŠูŽุถู ู…ูู†ูŽ ุงู„ุฏู‘ูŽู†ูŽุณู ูˆูŽุงูŽุจู’ุฏูู„ู’ู‡ู ุฏูŽุงุฑู‹ุงุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฏูŽุงุฑูู‡ู ูˆูŽุงูŽู‡ู’ู„ุงู‹ ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ ุงูŽู‡ู’ู„ูู‡ู ูˆูŽุฒูŽูˆู’ุฌู‹ุง ุฎูŽูŠู’ุฑู‹ุง ู…ูู†ู’ ุฒูŽูˆู’ุฌูู‡ู ูˆูŽุงูŽุฏู’ุฎูู„ู’ู‡ู ุงู„ู’ุฌูŽู†ู‘ูŽุฉูŽ ูˆูŽุงูŽุนูุฐู’ู‡ู ู…ูู†ู’ ุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ู’ู‚ูŽุจู’ุฑู ูˆูŽููุชู’ู†ูŽุชูู‡ู ูˆูŽู…ูู†ู’ ุนูŽุฐูŽุงุจู ุงู„ู†ู‘ูŽุงุฑู ุงูŽู„ู„ู‡ูู…ู‘ูŽ ุงุบู’ููุฑู’ ู„ูุญูŽูŠูู‘ู†ูŽุง ูˆูŽู…ูŽูŠูู‘ุชูู†ูŽุง ูˆูŽุดูŽุงู‡ูุฏูู†ูŽุง ูˆูŽุบูŽุงุฆูุจูู†ูŽุง ูˆูŽุตูŽุบููŠู’ุฑูŽู†ูŽุง ูˆูŽูƒูŽุจููŠู’ุฑูŽู†ูŽุง ูˆูŽุฐูŽูƒูŽุฑูู†ูŽุง ูˆูŽุงูู†ู’ุซูŽุงู†ูŽุง. ุงูŽู„ู„ู‡ูู…ู‘ูŽ ู…ูŽู†ู’ ุงูŽุญู’ูŠูŽูŠู’ุชูŽู‡ู ู…ูู†ู‘ูŽุง ููŽุงูŽุญู’ูŠูู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู’ู„ุงูุณู’ู„ุงูŽู…ู ูˆูŽู…ูŽู†ู’ ุชูŽูˆูŽูู‘ูŽูŠู’ุชูŽู‡ู ู…ูู†ู‘ูŽุง ููŽุชูŽูˆูŽูู‘ูŽู‡ู ุนูŽู„ูŽู‰ ุงู’ู„ุงููŠู’ู…ูŽุงู†ู
ุงูŽู„ู„ู‡ูู…ู‘ูŽ ู„ุงูŽุชูŽุญู’ุฑูู…ู’ู†ูŽุง ุงูŽุฌู’ุฑูŽู‡ู ูˆูŽู„ุงูŽุชูุถูู„ู‘ูŽู†ูŽุง ุจูŽุนู’ุฏูŽู‡ู ุจูุฑูŽุญู’ู…ูŽุชููƒูŽ ูŠูŽุขุงูŽุฑู’ุญูŽู…ูŽ ุงู„ุฑู‘ูŽุงุญูู…ููŠู’ู†ูŽ. ูˆูŽุงู„ู’ุญูŽู…ู’ุฏู ูู„ู„ู‡ู ุฑูŽุจูู‘ ุงู„ู’ุนูŽุงู„ูŽู…ููŠู’ู†ูŽ.     
                               *ุงู„ูุงุชุญุฉ*
Kata adik saya Hanif beliau mengatakan :
"6 bulan seblum meninggal (Mbh Meon,saya Hanif mimpiin beliau meninggal dunia"

Wallahualam 

โชโ˜•โ˜•โ˜•โฉ


ุจู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ู€ุณู… ุงู„ู„ู‡ ุงู„ุฑุญู…ู† ุงู„ุฑุญูŠู…,ูˆุจู‡ ู†ุณุชุนูŠู† ุงู„ุญู…ุฏู„ู„ู‡ ูˆุตู„ู‰ ุงู„ู„ู‡ ุนู„ู‰ ุณูŠุฏู†ุงู…ุญู…ุฏ ูˆุนู„ู‰ 
ุขู„ู‡ ุฃุฌู…ุนูŠู†

RIWAYAT HIDUP BELIAU

Beliau adalah kyai sepuh berwibawa penuh karismatik yang sering menjadi rujukan / tempat bertanya masyarakat, bahkan permasalahan besar kebangsaan bahkan dunia internasional.

Semua elemen lapisan masyarakat, rakyat, santri dan tokoh masyarakat, serta para pejabat pemerintahan merasa dekat kepada beliau,seolah-oleh beliau pengayom semua ummat dan selalu memperoleh solusi terbaik.
Masalah - masalah penting Negara seperti pemilihan (Capres) presiden Indonesia tahun ini  2019 sebagai bukti bahwa ulama termasuk beliau menjadi rujukan permasalahan kebangsaan di Negara ini.
Menurut salah satu sumber bahwa para ulama sepuh mengakui beliau sebagai waliyullah akhir zaman yang menjadi mercu suar umat Islam khususnya Indonesia.


KELAHIRAN BELIAU
Beliau adalah putra pertama dari Kyai Zubair. Dilahirkan di R Rambang - Karang Mangu -Sarang pada hari Kamis Legi di bulan Sya'ban tahun 1347 Hijriah atau 28 Oktober 1928.


WAFAT BELIAU
Beliau wafat pada hari Selasa, 6 Agustus 2019 pagi di Rs.An-Noor. Mekkah Al-Mukarram dalam rangka merayakan ibadah haji.

PENDIDIKAN
Sejak balita beliau sudah dibesarkan dengan ilmu-ilmu agama,diasuh langsung oleh ayahndanya mempelajari,menghafal dan memahami berbagai macam ilmu Agama seperti
๐Ÿ“˜ Shorof,
๐Ÿ“˜ Nahwu,
๐Ÿ“˜ Fiqih,
๐Ÿ“˜ Manthiq,
๐Ÿ“˜ Balaghah dan
๐Ÿ“š berbagai macam Ilmu Syaraโ€™ yang lainnya.
Jadi...
Kematangan ilmunya tidak perlu ragukan.

Pada saat beliau masih remaja, kira-kira umur 17 tahunan, Beliau sudah hafal berbagai macam kitab-kitab matan dan nadzam, yaitu :
๐Ÿ”ฐAl-Jurumiyyah,
๐Ÿ”ฐImrithi,
๐Ÿ”ฐAlfiyyah Ibnu Malik,
๐Ÿ”ฐMatan Jauharotut Tauhid, ๐Ÿ”ฐSullamul Munauroq serta
๐Ÿ”ฐRohabiyyah fil Faroidl.

Tidak cukup itu ,beliau juga telah mempelajari kitab-kitab fiqih madzhab Asy-Syafiโ€™I, contoh misalnya :
๐Ÿ“Œ Fathul Qorib,
๐Ÿ“Œ Fathul Muโ€™in,
๐Ÿ“Œ Fathul Wahhab
๐Ÿ“Œ dan lain sebagainya.


SILSILAH KEILMUAN
Pendidikan Awal ( Almamater ) di Lirboyo - Kediri - Jawa Timur

Pada tahun kemerdekaan, Beliau memulai pengembaraannya guna (ngangsu kaweruh;bhs jawa) yaitu kegiatan belajar atau menimbah ilmu ke Ponpes di Lirboyo Kediri, yang waktu dibawah bimbingan KH. Abdul Karim yang terkenal dengan sebutan Mbah Manaf.

Selain kepada Al Mukarrom  Mbah Manaf, Beliau juga menimba ilmu agama dari dua orang ulama yaitu KH. Mahrus Ali juga KH. Marzuqi. Di ponpes Lirboyo,

Beliau adalah sosok pribadi yang hebat, pribadi yang cemerlang seperti beliau ini masih diasah lagi ,bersusah payah lagi selama  lima tahun kurang lebihnya. Waktu yang cukup melelahkan bagi  kebanyakan orang, namun begitu untuk urusan ilmu tentu masih belum cukup untuk melahap habis ilmu pengetahuan.

Menimbah Ilmu di Mekah
Tanpa kenal lelah,susah payah ,berbagai rintangan jelas beliau alami namun begitu beliau tidak perduli ; tetap menceburkan dirinya ke dalam lautan ilmu agama yang tak ada batasnya,akhirnya sampai pada suatu hari dimana beliau pada saat itu berusia 21 tahun,Alloh ta'ala mengilhamkan hatinya dan memberi taufikNya kepada beliau untuk menuruti panggilan jiwanya pergi mengembara ke Makkah Al-Mukarromah. Dalam perjalanan ini beliau diiringi oleh kakeknya sendiri, yakni KH. Ahmad bin Syuโ€™aib.

Di Makkah Beliau menerima ilmu dari sekian banyak ulama yang ternama antara lain:

- Sayyid Alawi bin Abbas Al Maliki

- Syekh Al-Imam Hasan Al-Masysyath

- Sayyid Amin Al-Quthbi

- Syekh Yasin bin Isa Al- Fadani

- Syekh Abdul Qodir Almandily
rahimahullohumullohuta'ala

MENUNTUT ILMU KEPADA ULAMA-ULAMA BESAR JAWA
Di Makkah Al- Mukarromah, Beliau menetap kurang lebih 2 tahun.
Dalam rangka menggali ilmu ; memperkaya ilmu pengetahuannya,sekembalinya dari Tanah Suci,beliau tidak berhenti begitu saja ,apalagi merasa sudah cukup,Walau sudah dari arab,beliau masih terus mengikuti semangatnya yang tak pernah surut itu, beliau melanjutkan pelajaran yang dibutuhkan,meluangkan waktu untuk  dengan belajar kepada Ulama-ulamaโ€™ besar tanah Jawa saat itu.


PARA PENERUS BELIAU
Putra putra beliau antara lain:

1. KH Abdullah Ubab

2. KH Gus Najih

3. KH Majid Kamil

4. Gus Abd. Ghofur

5. Gus Abd. Rouf

6. Gus M. Wafi

7 . Gus Yasin

8. Gus Idror

dan kedua putri beliau, yaitu:

1. Sobihah (mustofa aqil)

2. Rodhiyah (Gus Anam)


JASA DAN KARYA BELIAU
Pada tahun 1965 di Pesantren Al Anwar, Sarang
beliau mulai mengabdikan diri untuk berkhidmat dan menyebarkan serta mengajarkan ilmu-ilmu agama.
Bersamaan dengan itu didirikanlah sebuah Pondok Pesantren yang lokasinya berada di kediaman Beliau.
Pesantren yang sekarang ini dikenal dengan nama Ponpes Al-Anwar,salah satu dari sekian banyak jumlah pesantren yang ada di Sarang.

Nama beliau begitu wangi dan berwibawa sehingga Keharuman nama dan kebesaran beliau sudah tercium keharuman di berbagai tempat,daerah dan wilayah manapun khususnya di Indonesia. Banyak sudah ulama-ulama dan santri yang berhasil dan terbukti memperoleh manfaat yang luar biasa dari Beliau,semoga AllohTabarokawata'ala menerima beliau.

Kemudian sekitar tahun 2008 beliau kembali mengibarkan sayapnya membangun Pondok Pesantren Al-Anwar 2 di daerah Gondan Sarang Rembang, yang akhirnya oleh beliau dipasrahkan pengasuhannya dan kepengurusannya kepada putra beliau sendiri yaitu :
KH. Ubab Maimun.
Pondok ini pada mulanya merupakan sebuah kelompok pengajian yang dirintis oleh KH. Ahmad Syuaib dan KH. Zubair Dahlan.

Kelompok pengajian tersebut pada awalnya dilaksanakan di sebuah mushalla.Untuk perkembangan selanjutnya kedua perintis tersebut mendirikan tiga buah komplek bangunan, yaitu komplek A, B dan C.
Komplek B dikembangkan oleh KH. Abdul Rochim Ahmad menjadi Pengasuh PP Maโ€™hadul Ulumis Syarโ€™iyah.
Sedangkan Komplek A dikembangkan menjadi PP Al-Anwar oleh KH. Maimun Zubair, putra KH. Zubair Dahlan.

Di samping untuk melanjutkan kegiatan pengajian tersebut,
Latar belakang pendirian pondok itu berdasarkan keinginan yang terpuji yaitu ; untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat sekitar yang pada umumnya berpenghasilan rendah sebagai nelayan.

Perkembangan jumlah santri PP. Al-Anwar yang cukup pesat, menuntut adanya pembangunan di bidang fisik.

Terus pada tahun 1971 musholla direnovasi ,seiring dengan bertambahnya jumlah para santri maka pembangunan secara fisik pun terus dilakukan.

Catatan Pembangunan Fisik
โžก Tahun 1973 dibangun Khos Darunnaโ€™im,
โžก Tahun 1975 Khos Nurul Huda,
โžก Tahun 1980 Khos AF,
Masih banyak lagi pembangunan fisik yang yang lain, terakhir ini dibangunnya gedung serbaguna PP. Al-Anwar dengan fasilitas lima lantai pada tahun 2004 silam ,dan juga tahun 2005 dibangun Ruwaq Daruttauhid PP. Al-Anwar yang telah rampung pengerjaannya digunakan sebagai tempat pertemuan (Multaqo) para alumni Sayyid Muhammad Alawy al Maliki Makkah al Mukarromah.


Tokoh Nasional Dan Internasional 
Mbah Moen, itulah panggilan akrab yang disandang beliau di tengah - tengah masyarakat ,

Beliau banyak dikenal dan mengenal erat para tokoh nasional, namun hal itu tidak membuatnya berubah dari basis tradisinya semula.
Sementara itu walau beliau sering kali menjadi peraduan atau konsul bagi masyarakat sekitar, tapi semua itu tetap saja tidak menghalanginya untuk menyelami dan terhubung dengan dunia luar. Beliau juga pernah menjadi anggota DPRD kabupaten Rembang ,menurut salah satu keterangan masa tugas  beliau selama 7 tahun. Setelah berakhirnya masa tugas, beliau mulai lagi fokus mengurus pondoknya yang baru berdiri selama sekitar 7 atau 8 tahun.

Tapi ternyata walau sudah tidak tugas tenaga dan pikiran beliau masih dibutuhkan oleh negara sehingga akhirnya beliau diangkat menjadi satu anggota MPR RI utusan Jateng selama tiga periode.

Dalam dunia politik beliau tergolong kiyai yang kalem adem-ayem.

Di saat NU sedang ramai - ramainya ingin mendirikan PKB (1998) mbah Moen lebih memilih diam dan istiqomah di PPP.

Pada tahun 1977, KH. Maimun Zubair mengembangkan lagi sebuah pesantren dengan mendirikan PP putri Al-Anwar.Hal ini berawal dari sebidang tanah yang dimiliki dan hasil pembelian tanah milik tetangga, beliau termotivasi dan memikirkan kemaslahatan masyarakat sekitar, pada saat itu masyarakat jauh dengan masjid,belum rutin mengerjakan sholat 5 waktu serta minimnya kemampuan mereka dalam membaca Al Qurโ€™an. Sebagai langkah awal,dibangunlah sebuah musholla di belakang rumah yang berdindingkan anyaman bambu.


Kisah Teladan Mbh Meon
Antara Beliau dan Gus Dur
โ€œAku ini tidak pernah setuju dengan Gus Durโ€, kata Kyai Maimun Zubair. โ€œYah... namanya manusia. Tapi aku tidak berani membenci, apalagi memusuhinya. Takut kuwalat!โ€ Kenyataannya, tidak seratus persen Mbah Maimun berseberangan dengan Gus Dur.

Pada suatu ketika seorang tokoh intelektual datang sengaja jauh-jauh dari Jakarta untuk menawarkan kepada beliau untuk ikut serta gabung dalam organisasi ICMI,namun Mbah Maimun tidak mau,berikut percakapannya :
Tokoh ICMI :โ€œPak Kiyai ini intelektual yang mumpuni lhoโ€, kata si tokoh tersebut, โ€œcocok sekali kalau gabung di ICMI!.

Mbh Meon : โ€œAh, rasanya saya cukup di Nahdlatul Ulama saja, gabung rombongan yang di dalamnya terdapat banyak pewaris para nabi.โ€

Tokoh ICMI : โ€œMemangnya di ICMI nggak bisa?โ€

Mbh meon โ€œKan nggak ada hadits Al-ICMI warotsatul anbiyaaโ€™? (Mungkin sambil canda)
Kalau Al-Ulamaa' ada!โ€kata mbah Mun.

[ICMI adalah d
singkatan dari Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia  ICMI merupakan sebuah organisasi cendekiawan muslim di Indonesia yang dibentuk pada tanggal 7 Desember 1990 pada sebuah pertemuan kaum cendekiawan muslim di Kota Malang tanggal 6-8 Desember 1990]

Pesan Terakhir Di Makkah
Berikut ini cuplikan
Pesan-pesan Terakhir Mbah Moen Sesaat Sebelum Wafat di Makkah yang ditulis oleh tribunnews.com,pada hari selasa, 6 Agustus 2019 13:23 WIB
Sebagai berikut :
"1.Beliau juga mengingatkan bahwa sekarang ini sedikit sekali ulama yang 'alim dibanding ulama yang kharismatik.,maksudnya banyak tokoh yang pandai bicara di podium (ceramah)
Dan ini merupakan tantangan serius bagi generasi kita ke depan.

2.Kemudian beliau menceritakan tentang keindonesiaan khususnya ekonomi umat Islam.

Bahkan, secara tegas
 beliau menyebut budaya bisnis Indonesia yang dikuasai pengusaha keturunan cina,misalnya :

Pertama :
Rokok kretek, yang asli Indonesia dulunya dimiliki oleh saudagar muslim tapi sekarang sudah dimiliki oleh pengusaha china.

Bahkan orang merokok nglinting pun sudah nyaris tidak ditemukan lagi.

Kedua, :
Jamu tradisional juga misalnya ; sudah banyak dimiliki oleh para pengusaha china.

Ketiga, 
ragi tape juga usahanya sudah dikuasai oleh pengusaha china. Padahal sebenarnya tape itu makanan khas kita ;orang Indonesia.

Hal itu terjadi karena begitu lemahnya kesadaran kewirausahaan umat Islam Indonesia.

3.PPP harus tetap menjaga prinsip amar ma'ruf Nahi Mungkar.

4.PPP harus bisa menjadi contoh bagi  partai lain sebagai suatu partai berazaskan Islam.

5.Dan pesan yang terakhir sekali sebelum beliau pamit yang kesekian kalinya yaitu "berpegang teguhlah pada ajaran Islam dan patuh serta tunduk pada hukum-hukum negara kesatuan republik Indonesia (NKRI) dan Undang-Undangnya"

Penyusun : Ahmad Hikam Suni

Sumber:
1. :http://www.laduni.id/post/read/1349/riwayat-hidup-kh-maimun-zubair ,situs ini telah menyatakan bahwa tulisan ini :
"Dari Berbagai Sumber
Diedit ulang pada 6 Agustus 2019"

2.https://id.m.wikipedia.org/wiki/Ikatan_Cendekiawan_Muslim_Indonesia

3.https://m.tribunnews.com/nasional/2019/08/06/pesan-pesan-terakhir-mbah-moen-sesaat-sebelum-wafat-di-makkah?page=4

Komentar

Postingan Populer