Gara- gara Bermental Ayam,Pelajaran Agama Islam (PAI) Kurang Diminati; Begini Penjelasannya
ุจููููููููุณู
ุงููู ุงูุฑุญู
ู ุงูุฑุญูู
,ูุจู ูุณุชุนูู
ุงูุญู
ุฏููู ูุตูู ุงููู ุนูู ุณูุฏูุงู
ุญู
ุฏ ูุนูู
ุขูู ุฃุฌู
ุนูู
Gambar 72
โAnalisa Penulis
Pernahkah anda memberi makan kumpulan ayam?
Umumnya ayam akan mendekat jika makanan mereka sudah terlihat,jika belum terlihat kumpulan ayam itu tidak akan mendekat walaupun makanan itu berada didalam kantong plastik hitam (kresek)
Penjelasan :
Sikap para ayam ini adalah contoh dari seseorang atau masyarakat yang berfaham
MATERIALISME, faham ini merupakan suatu pemahaman hanya bersandar pada materi dan nilai-nilai ilmiah saja,pamahaman ini tidak meyakini apa yang ada di balik alam ghaib, kemahakuasaan tuhan ,siksa kubur ,nikmat kubur ,akhirat,siksa dan pahala
Bahkan orang-orang yang mengikuti paham ini secara otomatis nantinya berefek menafikan adanya Tuhan sebagai pencipta alam, karena menurut paham ini alam beserta isinya berasal dari satu sumber, yaitu materi dan tiori
โ Prinsip
Paham ini jelas bertentangan dengan Islam,misalnya firman Allah Ta'ala :
1.Surat Al-Baqarah ,Ayat 1 dan 2
ูก.ุฐูู ุงููุชุงุจ ูุงุฑูุจ ููู ุูุฏู ููู
ุชููู ๐นุงูุฐูู ูุคู
ููู ุจุงูุบูุจ
"Kitab (Al Quran) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa, (yaitu) mereka yang beriman kepada yang ghaib,"
[Goib = Alloh itu sendiri,alam akhirat,pahala dan balasan]
2.Surat Al-Ahzab Ayat 21
ููููุฏููุงูู ููููู
ู ููู ุฑูุณูููู ุงูููููู ุฃูุณูููุฉู ุญูุณูููุฉู ููู
ููู ููุงูู ููุฑูุฌูู ุงูููููู ููุงููููููู
ู ุงููุขุฎูุฑู ููุฐูููุฑู ุงูููููู ููุซููุฑูุง
"Sesungguhnya telah ada pada (diri) Rasulullah itu suri teladan yang baik bagimu (yaitu) bagi orang yang mengharap (rahmat/ pertemuan dengan) Allah dan (kedatangan) hari kiamat dan dia banyak menyebut Allah"
[Bagi orang yang tidak punya perhatian terhadap Pertemuannya dengan Allah dan Akhirat serta semua urusan-urusan yang terkait dengan akhirat,maka Kehadiran Nabi Muhammad Shallallahu'alaihiwalihiwasallam serta sabda-sabdanya tidaklah membawa keuntungan bagi kehidupannya,bahkan sabda-sabda Nabi akan dianggap sebagai penghalang visi dan misinya hidupnya yang dianggapnya normal]
2 ayat ini merupakan contoh saja kebertolakbelakangan para penganut MATERIALISME.
โMatrialisne Dan Dunia Pendidikan
Adapun kaitannya dengan pendidikan formal dan informal juga mempunya efek yang sangat besar.
Muatan yang ada pada pendidikan formal misalnya pelajaran Bahasa Indonesia, Inggris,IPA(fisika),matematika dan lain sebagainya ,muatan ini jika dipelajari hasilnya jelas menjanjikan dan segera nampak dan dirasakan oleh yang empunya ilmu ini,semakin dalam pengetahuan seseorang dalam Muatan Formal ini semakin besar pula hasil nominal yang akan ia peroleh.
Beda halnya dengan pendidikan Informal seperti fiqih,tajwid,ilmu alat dsb yang muatannya hanya berkutat dengan janji-janji sorga dan neraka yang sifatnya masih Ghoib,dianggap tidak jelas,bahkan nyaris dianggap dongeng dan terkesan "terjadinya masi lama"
Kerena itulah yang terjadi di lapangan adalah bahwa : pemerintah dan masyarakat tidak melihat pelejaran - pelajaran agama sebagai sesuatu yang menarik dan utama,walaupun sila pertama dalam prinsif pancasila adalah "ketuhanan yang maha esa"
Pemerintah jelas sampai saat ini belum menyetarakan pelajaran-pelajaran agama dengan pelajaran - pelajaran umum,yang ada malahan ada wacana untuk menghapus pelajaran agama.
Mengapa Hal Ini Terjadi ?
๐นKurangnya iklan tentang berita-berita akhirat ,sebaliknya iklan duniawi sangat banyak
๐นKurangnya iklan tentang fadhilah-fadhilah (keutamaan2) amal-amal soleh;sehingga harga solat rawatib,nawafil ,tahajjud,baca Al-Quran dsb tidak perna dikenal oleh Ummat ini.
๐นKurangnya berfikir tentang kehidupan sesudah mati sebaliknya fikirannya hanya kemaslahatan dunia
๐นMinimnya amar makruf nahi mungkar sebaliknya banyak amar mungkar nahi makruf (secara praktek bukan lisan)
โ Solusi
Satu-satunya solusi utama untuk merubah ini jika Sebagian besar Umat Islam atau bahkan 50% saja menyadari pentingnya amar makruf nahi mungkar; mengamalkannya,membudayakan dan membudidayakannya
โ Kesimpulan
๐นAnti MATERIALISME mengganggap Pendidikan Formal keperluan, informal sebagai tujuan
๐นMATERIALISME
mengganggap Pendidikan Formal Tujuan , informal sebagai keperluan bahkan penghalang
Waallohu'alam
Ahmad Hikam Suni
Komentar
Posting Komentar
Silahkan Tanggapi ! Bebas Sopan.....