18 DALIL SANGGAHAN UNTUK KH AHSIN SAKHO YANG MENGATAKAN "TIDAK MENGAITKAN GEMPA DENGAN DOSA"
ุจููููููููุณู
ุงููู ุงูุฑุญู
ู ุงูุฑุญูู
,ูุจู ูุณุชุนูู
ุงูุญู
ุฏููู ูุตูู ุงููู ุนูู ุณูุฏูุงู
ุญู
ุฏ ูุนูู
ุขูู ุฃุฌู
ุนูู
Diskripsi
"Sebuah kabar yang terbit di http://www.nu.or.id/ pada tangga 2 oktober 2018 seorang
Pakar Al-Qur’an KH Ahsin Sakho Muhammad telah mengajak untuk tidak mengaitkan penyebab gempa atau musibah dengan dosa seseorang atau sekelompok orang.
Dosa tidak bisa dijadikan alat ukur terjadi bencana sebab ada orang atau komunitas lain yang lebih banyak dosanya, justru tidak mendapatkannya.
Ia kembali mempertegas pernyataan sebelumnya, umat Islam sebaiknya jangan mengaitkan gempa bumi dengan dosa. Lebih baik melihatnya sebagai ujian atau teguran dari Allah"
TANYA :
Apakah alasan-alasan ini dibenarkan ?
JAWAB :
Stetment yang menjadi alasannya ini jelas keliru,karena setelah kita gali fatwa-fatwa ulama di berbagai kitab tafsir,hadits Nabi dan bahkan Al-Quran jelas stetment diatas jelas "Keliru Berat " terutama pada ungkapan beliau :
A -tidak mengaitkan penyebab gempa atau musibah dengan dosa seseorang atau sekelompok orang.
B-Lebih baik melihatnya sebagai ujian atau teguran dari Allah.
C-lebih baik melihat penyebab bencana dengan pendekatan ilmu geologi.
Untuk membuktikan kekeliruan ucapannya pada kolom A dan B,saya in-syaalloh akan menuliskan 7 dalil,ayat Al-Quran 3 ayat,3 Hadits,3 atsar dan 3 Fatwa jadi semuanya 12 Dalil Naqli,berikut ini rinciannya :
Al-Quranulkarim
Kesatu
ูููุง ุฃุฎุฐูุง ุจุฐูุจู ูู
ููู
ู
ู ุฃุฑุณููุง ุนููู ุญุงุตุจุง ูู
ููู
ู
ู ุฃุฎุฐุชู ุงูุตูุญุฉ ูู
ููู
ู
ู ุฎุณููุง ุจู ุงูุฃุฑุถ ูู
ููู
ู
ู ุฃุบุฑููุง ูู
ุงูุงู ุงููู
ููุธูู ูู ูููู ูุงููุง ุฃููุณูู ูุธูู ูู )
ููุธูู ูู ูููู ูุงููุง ุฃููุณูู ูุธูู ูู )
Maka masing-masing (mereka itu) Kami siksa disebabkan dosanya, maka di antara mereka ada yang Kami timpakan kepadanya hujan batu kerikil dan di antara mereka ada yang ditimpa suara keras yang mengguntur, dan di antara mereka ada yang Kami benamkan ke dalam bumi, dan di antara mereka ada yang Kami tenggelamkan, dan Allah sekali-kali tidak hendak menganiaya mereka, akan tetapi merekalah yang menganiaya diri mereka sendiri (Al-Angkabut: 40)
Kedua
Ketiga
.ََِْٰูููู َูุฐَّุจُูุง َูุฃَุฎَุฐَْูุงُูู
ْ ุจِู
َุง َูุงُููุง َْููุณِุจَُูู
tetapi mereka mendustakan (ayat-ayat Kami) itu, maka Kami siksa mereka disebabkan (dosa dalam) perbuatannya. [Al-A’rรขf/7:96]
Keempat
َูู
َุง َُّููุง ู
ُِِْูููู ุงُْููุฑَٰู ุฅَِّูุง َูุฃََُْูููุง ุธَุงِูู
َُูู
dan tidak pernah (pula) Kami membinasakan kota-kota; kecuali penduduknya dalam keadaan melakukan kezaliman.
Kelima
َูู
َุง ุฃَุตَุงุจَُูู
ْ ู
ِْู ู
ُุตِูุจَุฉٍ َูุจِู
َุง َูุณَุจَุชْ ุฃَْูุฏُِููู
ْ ََููุนُْูู ุนَْู َูุซِูุฑٍ
“Dan musibah apa saja yang menimpa kalian, maka disebabkan oleh perbuatan tangan kalian sendiri, dan Allah mema’afkan sebagian besar (dari kesalahan-kesalahanmu)” (Qs. Asy-Syuura: 30)
Keenam
6.َูู
َุง َูุงَู ุงَُّููู ُِููุนَุฐِّุจَُูู
ْ َูุฃَูุชَ ِِูููู
ْ ۚ َูู
َุง َูุงَู ุงَُّููู ู
ُุนَุฐِّุจَُูู
ْ َُููู
ْ َูุณْุชَุบِْูุฑَُูู
“Allah tidak akan menyiksa mereka selama kamu ada di tengah mereka. Dan Allah tidak akan menghukum mereka, sementara mereka memohon ampun.” (QS. al-Anfal: 33).
Ketujuh
ََููุฐََِูู ุฃَุฎุฐُ ุฑَุจَِّู ุฅِุฐَุง ุฃَุฎَุฐَ ุงُููุฑَู ََِููู ุธَุงِูู
َุฉٌ ุฅَِّู ุฃَุฎุฐَُู ุฃَِููู
ٌ ุดَุฏِูุฏٌ
Dan begitulah azab Tuhanmu, apabila Dia mengazab penduduk negeri-negeri yang berbuat zalim. Sesungguhnya azab-Nya itu adalah sangat pedih lagi keras.(Hud :102)
Alhadits
Kedelapan
ุนَْู ุฃَุจِู ุจَْูุฑَุฉَ ، َูุงَู : َูุงَู ุฑَุณُُูู ุงَِّููู ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ : ” ู
َุง ู
ِْู ุฐَْูุจٍ ุฃَุฌْุฏَุฑَ ุฃَْู ُูุนَุฌَِّู ุงَُّููู ุงْูุนُُููุจَุฉَ ِูุตَุงุญِุจِِู ِูู ุงูุฏَُّْููุง ู
َุนَ ู
َุง َูุฏَّุฎِุฑُ َُูู ِูู ุงูุขุฎِุฑَุฉِ ู
َِู ุงْูุจَุบِْู ََููุทِูุนَุฉِ ุงูุฑَّุญِู
ِ
Dari Abu Bakrah berkata, Rasulullah bersabda, “Tidak ada dosa yang Allah segerakan hukuman bagi pelakunya di dunia serta menyimpan sebagiannya untuk di akhirat kecuali kezaliman dan memutus silaturahmi. (HR. Ahmad, Abu Daud & Tirmizi
Kesembilan
9.ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
: «ุฅุฐุง ุธูุฑ ุงูุฒูู ูุงูุฑุจุง ูู ูุฑูุฉ ุฃุฐู ุงููู ุจููุงููุง» (ุฑูุงู ุฃุจู ูุนูู ุนู ุนุจุฏุงููู ุจู ู
ุณุนูุฏ).
"Jika zina (selingkuh) dan riba sudah merajalela pada suatu desa berarti Alloh telah memberi peluang untuk menghacurkan desa tersebut"
Kesepuluh
ุฃََّู ุฃَุจَุง ู
َุงٍِูู ، َูุงَู : ุณَู
ِุนْุชُ ุฑَุณَُูู ุงَِّููู ุตََّูู ุงَُّููู ุนََِْููู َูุณََّูู
َ ، َُُูููู : ” َُُูููู ِูู ุฃُู
َّุชِู ุงْูุฎَุณُْู َูุงْูู
َุณْุฎُ َูุงَْููุฐُْู ” ، َُْูููุง : ِููู
َ َูุง ุฑَุณَُูู ุงَِّููู ؟ َูุงَู : ” ุจِุงุชِّุฎุงุฐِِูู
ُ ุงََْْููููุงุชِ ، َูุดُุฑْุจِِูู
ُ ุงْูุฎُู
ُูุฑَ “
Malik berkata, aku mendengar Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam bersabda: “Di umat ini kelak nanti akan ada (peristiwa) di mana orang-orang ditenggelamkan (ke dalam bumi), dilempari batu dan diubah wajahnya”. Beliau ditanya, “Karena apa hal itu terjadi wahai Rasulullah!” Beliau menjawab, “Karena banyaj orang menjadi penyanyi dan banyak orang minum khamrAl-Atsar.
Kesebelas
ู
َุง ُูุฒَِّู ุจَูุงَุกٌ ุฅِูุงَّ ุจِุฐَْูุจٍ َููุงَ ุฑُِูุนَ ุจَูุงَุกٌ ุฅِูุงَّ ุจِุชَْูุจَุฉٍ
Ali bin Abi Tholib –radhiyallahu ‘anhu– mengatakan“Tidaklah musibah tersebut turun melainkan karena dosa. Oleh karena itu, tidaklah bisa musibah tersebut hilang melainkan dengan taubat.” (Al Jawabul Kaafi, hal. 87)
Keduabelas
.ูุงู ุงุจู ู
ุณุนูุฏ ุฃููุง ุงููุงุณ ุฅู ุฑุจูู
ูุณุชุนุชุจูู
ูุงุนุชุจูู ) .
ุฃู ูุทูุจูู
ุงูุฑุฌูุน ุนู ุงูุฅุณุงุกุฉ ูุงุณุชุฑุถุงุฆู ูุงูุนููุง ููุฏ ูุงู ุฑุณูู ุงููู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
ุฅุฐุง ูุงูุช ุงูุฑูุญ ุงูุดุฏูุฏุฉ ุนุฑู ูู ูุฌู ุงููุจู ุตูู ุงููู ุนููู ูุณูู
) ุฑูุงู ุงูุจุฎุงุฑู .
Ibnu Mas'ud radhiallohu'anhu berkata:"wahai manusia sesungguhnya Tuhan Kalian meminta keikhlasan kalian (dalam beribadah)karena itu berpalinglah kalian dari (sikap buruk / tiadak Ikhlash ) karena berlaku ikhlashlah untukNya,(kata Ibnu Mas'ud selanjutnya) : adalah Nabi jika menemukan Angin Kencang (berderu) maka akan terlihat mimik wajahnya belia berubah (sedih)(Hadits Bukhori).
Ketigabelas
.ูุนู ุตููุฉ ุจูุช ุฃุจู ุนุจูุฏ ูุงูุช ุฒูุฒูุช ุงูุฃุฑุถ ุนูู ุนูุฏ ุนู
ุฑ ุญุชู ุงุตุทููุช ุงูุณุฑุฑ ูุฎุทุจ ุนู
ุฑ ุงููุงุณ ููุงู ุฃุญุฏุซุชู
ููุฏ ุนุฌูุชู
ูุฆู ุนุงุฏุช ูุฃุฎุฑุฌู ู
ู ุจูู ุธูุฑุงูููู
.
Dari Shafiyyah binti Abi Ubaid berkata : pernah terjadi gempa bumi di zaman Umar bin Khattab radhiallohu'anhu ,lantas beliau berkata :“Wahai penduduk Madinah, apakah kalian berbuat dosa? Tinggalkan perbuatan itu atau aku yang akan meninggalkan kalian.”
Keempatbelas
Riwayat yang semakna juga menyebutkan sbb :
ููู ุฑูุงูุฉ ( ุชุฒูุฒูุช ุงูุฃุฑุถ ุนูู ุนูุฏ ุนู
ุฑ ููุงู ุฃููุง ุงููุงุณ ู
ุงูุงูุช ูุฐู ุงูุฒูุฒูุฉ ุฅูุง ุนูุฏ ุดูุก ุฃุญุฏุซุชู
ูู ูุงูุฐู ููุณู ุจูุฏู ุฅู ุนุงุฏุช ูุง ุฃุณุงูููู
ูููุง ุฃุจุฏุง ) ุฑูุงู ุงุจู ุฃุจู ุดูุจุฉ ุจุณูุฏ ุตุญูุญ.
Kelimabelas
ูุงู ูุนุจ ( ุฅูู
ุง ุชุฒูุฒู ุงูุฃุฑุถ ุฅุฐุง ุนู
ู ูููุง ุจุงูู
ุนุงุตู ูุชุฑุนุฏ ูุฑูุง ู
ู ุงููู ุฌู ุฌูุงูู ุฃู ูุทูุน ุนูููุง ) .
Berkata Ka'ab : sesungguhnya gempa bumi ini hanya akan ada jika kemaksiatan merajalela ,bumi akan berguncang serius karena Takut murka AllohTa'ala Maqolul'Ulama
Keenambelas
ูุงู ุงุจู ุงูููู
( ูู
ู ุชุฃุซูุฑ ุงูู
ุนุงุตู ูู ุงูุฃุฑุถ ู
ุงูุญู ุจูุง ู
ู ุงูุฎุณู ูุงูุฒูุงุฒู ููู
ุญู ุจุฑูุชูุง ) .
Ibnu Qoyyim betkata :
"Dampak menjamurnya maksiat di pelbagai tempat dapat mengundang longsor,gempa bumi dan memusnahkan keberkahan bumi "
Ketujuhbelas
ูุงุนูู
ูุง ุงู ุงูุจููุฉ ูู
ุชุฃุช ุงูู
ุคู
ู ูุชูููู ูุงูู
ุง ุงุชุชู ูุชุฎุชุจุฑู
Beliau berkata:
"Ketahuilah bahwa cobaan tidak datang kepada seorang mukmin untuk merusaknya, namun datang untuk menguji keimanananya.”
Kedelapanbelas
ููููู ูู
ุง ุฃุตุงุจูู
ู
ู ู
ุตูุจุฉ ูุจู
ุง ูุณุจุช ุฃูุฏููู
ุฃู ู
ูู
ุง ุฃุตุงุจูู
ุฃููุง ุงููุงุณ ู
ู ุงูู
ุตุงุฆุจ ูุฅูู
ุง ูู ุนู ุณูุฆุงุช ุชูุฏู
ุช ููู
ููุนูู ุนู ูุซูุฑ ุฃู ู
ู ุงูุณูุฆุงุช ، ููุง ูุฌุงุฒููู
ุนูููุง ุจู ูุนูู ุนููุง، ููู ูุคุงุฎุฐ ุงููู ุงููุงุณ ุจู
ุง
ูุณุจูุง ู
ุง ุชุฑู ุนูู ุธูุฑูุง ู
ู ุฏุงุจุฉ
KESIMPULANNYA :
Masih banyak lagi Firman-firman Alloh,hadits-hadits Nabi ,atsar para shahabat serta fatwa - fatwa ulama yang menyatakan bahwa Gempa bumi itu ada kaitannya dengan dosa-dosa manusia entah itu sebagai teguran ,ujian ataupun azab sekalipun.
Sangat berbeda sekali dan disayangkan sekali dengan sikap dan ucapan KH Ahsin Sakho Muhammad telah mengajak untuk tidak mengaitkan penyebab gempa atau musibah dengan dosa seseorang atau sekelompok orang.
Ada lagi 1 stetmentnya yang harus saya jelaskan
Beliau berkata :"Lebih baik melihatnya sebagai ujian atau teguran dari Allah."
Sikap ini sama saja mengalihkan perhatian orang - orang (publik) untuk tidak yakin tentang urusan ghoib ,padahal Alloh berfirman :
ุฐَِٰูู ุงِْููุชٰุจُ َูุง ุฑَْูุจَ ۛ ِِْููู ۛ ُูุฏًู ِّْููู
ُุชَِّْููู
"(Al-Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk
bagi mereka yang bertakwa"
,ุงَّูุฐَِْูู ُูุคْู
َُِْููู ุจِุงْูุบَْูุจِ
"(yaitu) mereka yang beriman kepada yang gaib"
Walloh'alam
Ahmad Hikam Suni
Sumber :
http://www.nu.or.id/post/read/96641/pakar-al-quran-jangan-kaitkan-gempa-dengan-dosa


Komentar
Posting Komentar
Silahkan Tanggapi ! Bebas Sopan.....