OPINI SINGKAT KEDUDUKAN SAHABAT DAN WALIYULLOH

Kajian Ke 27

Diskripsi
Saya telah menulis sebuah opini,sbb :
"Dari dulu...jiwa orang Indonesia itu lebih cendrung fanatik para para wali Dan karomahnya saja,daripada kepada para Shahabat  Nabi radhiallohu'anhum,ya beginilah dampaknya ;ga suka ulama tapi kita tidak sadar "

Sebagian orang menggap opini tidak benar ...

Jawaban Saya
Pada tulisan ini terdapat kalimat banding yaitu "daripada"
Contoh lain dalam penggunaan Kalimat Banding :
✔ Air zamzam lebih baik dari pada air biasa.
✔ Ulama lebih baik dari pada orang awam
✔ Nabi lebih baik dari pada  ulama

Dalam hal ini bukan berarti air biasa,orang awam dan ulama itu klaim sebagai suatu hal yang dianggap berada pada posisi yang buruk atau dianggap  sesuatu yang buruk.

Nah. . . Begitu pula  halnya dengan derajat perbedaan derajat para Nabi dengan para Sahabat, para sahabat dengan para Wali ,para Habaib dengan no habaib,perhatikan 2 Firman AllohTa'ala di bawah ini :
تِلْكَ الرُّسُلُ فَضَّلْنَا بَعْضَهُمْ عَلَىٰ بَعْضٍ ۘ مِنْهُمْ مَنْ كَلَّمَ اللَّهُ ۖ وَرَفَعَ بَعْضَهُمْ دَرَجَاتٍ ۚ وَآتَيْنَا عِيسَى ابْنَ مَرْيَمَ الْبَيِّنَاتِ وَأَيَّدْنَاهُ بِرُوحِ الْقُدُسِ
Artinya:
"Rasul-rasul itu Kami lebihkan sebagian (dari) mereka atas sebagian yang lain. Di antara mereka ada yang Allah berkata-kata (langsung dengan dia) dan sebagiannya Allah meninggikannya beberapa derajat. Dan Kami berikan kepada Isa putera Maryam beberapa mukjizat serta Kami perkuat dia dengan Ruhul Qudus.(Q.S.Al-Baqoroh :253)

إن أكرمكم عندالله أتقاكم (الآية)
Artinya"Yang paling mulia diantara kalian adalah yang paling bertaqwa"

jika memang sangat di perlukan saya -insyaaloh-bisa mengemukakan dalil -dalilnya satu persatu dengan rincian yang bagus.

Tujuan dari status saya diatas itu sebenarnya untuk menempatkan para sahabat itu sesuai yang disepakati para Jumhur  Ahli  Sunnah ,perhatikan Ketika beberapa orang yang menempatkan Sayyidina Ali bin Abi Tholib radhiallohu'anhu diatas Khalifah yang tiga ,maka kelompok ini disebut dengan istilah yang cukup spektakuler yaitu "Syiah" ,bagamanakah nasibnya seseorang yang merendahkan sahabat lebih memuliakan para waliyulloh?

Wallahu'alam

Ahmad Hikam

Komentar

Postingan Populer